Skip to main content

Dengan Acer Liquid Z320, Anak Senang, Orang Tua Tenang!

Banner blog competition Acer


Di era digital ini, gadget menjadi kebutuhan masyarakat yang penting dalam memudahkan kegiatan dan aktivitasnya sehari-hari. Hampir disetiap keluarga saat ini paling tidak memiliki minimal satu gadget. Hal ini menunjukkan bahwa penyebaran gadget sangat signifikan. Pengguna gadget pun sangat beragam. Dari kalangan remaja, dewasa, orang tua, bahkan anak-anak juga tidak lepas dari peran gadget di kehidupan sehari-hari.


Gadget sendiri sangat beragam jenisnya. Mulai dari laptop, tablet pc, sampai smartphone. Dari berbagai jenis gadget yang ada, smartphone menjadi gadget paling populer saat ini. Selain lebih mudah dibawa, smartphone saat ini sudah dilengkapi fitur-fitur yang canggih.

Source: www.acerid.com


Beragam jenis dan spesifikasi smartphone sangat beragam dan bersaing. Dimulai dari smartphone entry-level menengah sampai menengah ke atas. Perkembangan smartphone yang sangat pesat itu menjadikan para orang tua mulai mengenalkan smartphone kepada anaknya.

Namun tak jarang ada orang tua yang takut memperkenalkan gadget kepada anaknya. Padahal gadget sendiri memiliki manfaat untuk si anak, seperti misalnya sebagai media belajar yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu dengan adanya smartphone, komunikasi orang tua dan anak akan semakin mudah.

Aplikasi dan game yang ada pada gadget bisa menjadi alternatif hiburan yang murah meriah untuk anak. Banyak game berbasis ilmu pengetahuan yang bisa diunduh di Google Play sehingga selain menghibur juga sangat mengedukatif. Misalnya saja game populer ‘Angry Birds’, dimana pada game ini mengusung hukum pegas dalam Fisika. Selain game, banyak juga aplikasi edukatif lainnya yang bermanfaat sebagai sarana pembelajaran anak, misalnya aplikasi kamus multi-bahasa. Dengan begitu anak akan belajar banyak bahasa dengan mudah dan murah.

Acer Liquid Z320 via Youtube


Selain berdampak positif pada anak, gadget juga bisa berdampak negatif. Seperti kecanduan pada anak dalam menggunakan gadget, berkurangnya interaksi sosial dengan orang sekitar,  mengakses konten-konten yang tidak semestinya, dan masih banyak lagi.

Disini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengawasi dan mengedukasi anaknya dalam menggunakan gadget. Orang tua harus mengenalkan pada anak apa saja yang boleh dan tidak boleh diakses pada gadgetnya, apalagi dalam berselancar di internet. Selain itu orang tua juga harus membatasi penggunaan gadget pada anak. Jadi ada jam-jam tertentu dan batasan tertentu si anak dalam menggunakan gadget. Karena hiburan dan pembelajaran pada anak harus berimbang. Agar pertumbuhan dan perkembangan anak tidak terganggu.

Source: www.acerid.com


Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan orang tua agar aman dalam memberikan smartphone pada anak:

  • Dampingi anak dalam menggunakan smartphone


Hal ini penting dalam memberikan pemahaman kepada anak tentang bagaimana cara menggunakan smartphone yang baik dan benar.

Orang tua wajib memberikan penjelasan tentang apa saja yang bisa didapat dari smartphone serta manfaat dan kegunaanya dalam menunjang kegiatan dalam belajar.

Selain itu orang tua juga harus memberikan arahan apa saja yang boleh dan tidak boleh diakses pada smartphone-nya.

  • Batasi waktu penggunaan smartphone


Saat menggunakan smartphone kadang anak menjadi ‘lupa waktu’, hal ini dapat mengganggu aktivitas lain yang bermanfaat seperti bermain dengan teman, belajar, serta mengerjakan tugas sekolahnya.

Orang tua dapat membatasi waktu penggunaan smartphone pada anak. Dengan memberikan maksimal 1 jam bermain game pada smartphone sehabis mengerjakan tugas sekolah sebagai media refreshing otak setelah belajar.

Hal ini dapat menekan dampak kecanduan anak pada gadget.

  • Batasi aplikasi-aplikasi yang diunduh


Sebaiknya orang tua memberitahu kepada anaknya bahwa jika ingin menggunakan atau memasang aplikasi tertentu pada smartphone-nya harus meminta izin dulu.

Hal ini berguna untuk mengawasi aplikasi atau konten apa saja yang akan diunduh dalam smartphone-nya. 

Dengan begitu orang tua dapat menyeleksi aplikasi-aplikasi sebelum digunakan oleh anak.

  • Awasi dalam penggunaan internet


Internet sangat bermanfaat untuk menambah wawasan. Informasi di internet yang beragam dapat diakses dengan mudah melalui smartphone.

Hal ini memudahkan anak dalam mencari hal-hal yang berkaitan dengan pelajarannya disekolah. Namun dibalik kemudahaan dalam mengakses informasi di internet, banyak sekali konten-konten yang tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak.

Disini peran orang tua adalah mengawasi penggunaan internet pada anak. Hal ini sangat penting dalam mencegah anak mengonsumsi konten-konten yang tidak semestinya.  

  • Selektif dalam memilih smartphone


Pesatnya perkembangan smartphone saat ini mengharuskan kita lebih selektif dalam memilih smartphone yang cocok untuk kebutuhan.

Para orang tua harus memilih smartphone yang tepat untuk anaknya. Hal ini sangat penting dalam memberikan smartphone yang sesuai untuk perkembangan anak.

Untuk memilih smartphone yang tepat untuk anak, penulis merekomendasikan smartphone terbaru dari Acer yaitu Acer Liquid Z320. Smartphone Acer Liquid Z230 ini memiliki fitur Kids Center, dimana para orang tua tidak perlu ‘was-was’ lagi dalam memberikan smartphone pada anaknya. Apa itu fitur Kids Center?

Fitur KIDS CENTER pada Acer Liquid Z320


Source: www.acerid.com


Acer berinovasi dengan menghadirkan smartphone yang ‘ramah’ anak. Dengan fitur Kids Center yang sudah pre-intall di dalam smartphone Acer Liquid Z320, orang tua tidak perlu was-was lagi membiarkan si kecil bermain dengan smartphone-nya.

Apa saja kehebatan fitur Kids Center ini? ~Fitur Kids Center memungkinkan untuk membatasi aplikasi dan konten yang tidak sesuai dengan usia anak. Fitur ini juga dilengkapi dengan Parental Control untuk mengawasi aktivitas anak dalam berselancar di dunia maya, sekaligus mengatur keamanan penggunaan smartphone untuk mencegah anak mengunduh konten dewasa atau membeli aplikasi tanpa seizin orang tua.

Selain kehebatan dalam segi keamanan, Acer juga mengisi fitur ini dengan berbagai konten menarik yang bermanfaat bagi anak-anak. Ada ribuan aplikasi edukasi yang berguna untuk mengasah kemampuan belajar anak. Ada juga aplikasi gaming dan video yang bermanfaat sebagai sarana ‘refreshing’ anak setelah seharian beraktivitas di sekolahnya.
Ingin lebih jauh tentang fitur Kids Center, silahkan akses disini.


Spesifikasi Smartphone Acer Liquid Z320


Smartphone Acer Liquid Z320 sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang canggih untuk jenis ponsel menengah ke bawah. Dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 210 Prosessor Quad-Core 1.1 Ghz membuatnya lancar membuka banyak aplikasi. Hal ini sangat membantu bagi anda yang aktif diberbagai aplikasi media sosial. 

Source: www.acerid.com


Untuk grafisnya, Smartphone Acer Liquid Z320 ini memakai Prosessor Grafis Qualcomm Adreno 304 sehingga menampilkan grafis cukup baik. Dengan RAM 1 GB, memungkinkan anak anda untuk memainkan games ‘besar’ dengan lancar pada smartphone ini.

Penyimpanan internal yang tertera pada smartphone Acer Liquid Z320 ini sebesar 8 GB, dan bisa diperluas dengan slot memori eksternal mencapai 32 GB sehingga anda dapat menyimpan data lebih banyak.

Bagi anda pecinta selfie, smartphone menyediakan kamera depan dengan resolusi 2 GB, serta kamera belakang dengan resolusi 5 GB sehingga dapat mengambil gambar dengan cukup baik.

Source: www.acerid.com


Dengan bentang layar 4.5 inci, anda dapat dengan leluasa mengoperasikan aplikasi di dalam smartphone ini, serta masih nyaman disimpan di saku untuk dibawa kemana-mana.

Sistem operasi Acer Liquid Z320 sudah menggunakan OS Android versi 5.1.1 Lollipop.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkapnya:



Source: www.acerid.com


Kesimpulan

  • Smartphone Acer Liquid Z320 merupakan smartphone ramah anak dengan spesifikasi canggih.
  • Dengan fitur kids center, sangat membantu orang tua dalam mengawasi aktifitas anak dengan smartphone-nya.
  • Harga smartphone Acer Liquid Z320 yang terjangkau namun dengan spesifikasi dan kualitas yang tinggi sangat cocok untuk anda dengan mobilitas tinggi yang membantu kegiatan sehari-hari tanpa harus membeli smartphone sekelas dengan harga yang mahal.
Video unboxing Acer Liquid Z320 by teknoup.com via Youtube


Itulah sedikit reviews dan pandangan saya tentang smartphone canggih ramah anak, Acer Liquid Z320, serta fitur Kids Center yang aman untuk anak. Tunggu apalagi para ayah dan ibu? Yuk manjakan anak anda dengan smartphone dari Acer ini. Anak senang, orang tua tenang! :)

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.