Skip to main content

Ketika CMD (Command Prompt) Gak Bisa Ganti Direktori (cd)

Ceritanya si Dodol lagi asik-asik ngoding terus mendadak kzl, iya K Z L. Mood seketika lenyap untuk ngoding. Masalahnya cuma satu, 'CMD GUE ERROR!'.


Yang belum tau CMD (Command Prompt) itu apa, berikut adalah pengertiannya yang gue kutip dari Wikipedia.
"Command Prompt (executable cmd.exe) adalah command-line interpreter yang disediakan Microsoft pada OS / 2, Windows CE dan pada sistem operasi Windows NT-based (termasuk Windows, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows Server 2003 dan Windows Server 2008). Ini adalah analog COMMAND.COM dalam MS-DOS dan Windows 9x (di mana hal itu disebut MS-DOS Prompt), sistem, atau Unix Shell digunakan pada sistem Unix-like."
So, ketika gue mau compile program Java gue pake CMD, dan mengarahkan direktori tempat program gue berada (perintah CD, Change Directory) yang kebetulan ada di partisi D:\ itu ternyata gak bisa.

Misal program Java gue ada di folder D:\Programs\Java. Saat CMD dijalankan secara default akan menunjukkan direktori C:\ (misal C:\Users\User>).
Microsoft Windows [Version 6.1.7600]
Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation.  All rights reserved.

C:\Users\User>
Ketika gue ubah direktori dengan perintah 'cd <direktori yang dimaksud>', tapi tetap gak bisa pindah direktori. Anehnya, ini sungguh aneh tapi nyata, kalo 'cd' ke partisi yang sama, yaitu C:\ tapi ke folder yang beda (misal C:\Windows\System32) itu masih bisa. Apa CMD gue lagi ngambek karna gak dikasih perhatian? 'Pliss lo kan bukan gebetan gue yang butuh diperhatiin!'.

Contoh yang error.
Microsoft Windows [Version 6.1.7600]
Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation.  All rights reserved.

C:\Users\User>cd D:\Programs\Java [tekan enter]

C:\Users\User>
Contoh di partisi yang sama dengan folder berbeda.
Microsoft Windows [Version 6.1.7600]
Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation.  All rights reserved.

C:\Users\User>cd C:\Windows\System32 [tekan enter]

C:\Windows\System32>
~

Nyari sana sini dan tanya sana sini ke si mbah gugel, tetep gak dapet pencerahan.

Untungnya gue sempet nyasar di negeri antah berantah dengan populasi jomblo hampir mendekati 109,909 persen dari total penduduk *halah*. Gue ketemu sebuah website forum programmer, stackoverflow. Dari situ gue sedikit dapet pencerahan atas masalah gue. Walopun pake bahasa inggris, gue bacanya lancar-lancar aja. 'BLUBLUBUBULBLUBUBLUBUBUBLU BULBUBU BULUBUBUBLU BLUBULBUBULBU.............' begitulah kira-kira gue bacanya. Dan ketemu solusinya.

Ternyata solusinya sederhana, SANGAAATTT SEDERHANA. Jadi merasa bego aja gue kalo gini. Tinggal nambahin perintah '/d' (tanpa kutip) di antara cd dan <nama direktori>. Jadi kalo ada istilah pasangan yang lagi pacaran ditempat sepi, ketiganya adalah SETAN. Mungkin si '/d' ini mau jadi SETAN di antara 'cd' dan <nama direktori>'.

'KAMVRT...'

Jadi beginilah kira-kira perintahnya.
Microsoft Windows [Version 6.1.7600]
Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation.  All rights reserved.

C:\Users\User>cd /d D:\Programs\Java [tekan enter]
Dan...Walaaa....
Direktoripun berhasil diganti ck ck. Ternyata MUDAH...
Microsoft Windows [Version 6.1.7600]
Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation.  All rights reserved.

C:\Users\User>cd /d D:\Programs\Java

D:\Programs\Java>
Tinggal compile deh programnya.
Microsoft Windows [Version 6.1.7600]
Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation.  All rights reserved.

C:\Users\User>cd /d D:\Programs\Java

D:\Programs\Java>javac AkuSayangKamuBeb.java
 ~

Well, walopun udah banyak IDE yang disertai compiler, tapi karna gue orangnya moody-an, dan ketika gue lagi mood sama si CMD, ya gue compile pake CMD. Bodo deh pada bilang primitif, emang gue mah gitu sih.

Tetep aja ya, K Z L gue gak ilang. Padahal lagi puasa hemmm... Kayaknya harus dikecup dulu nih biar ilang K Z L-nya hi hi. *astagfirulloh puasa*

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.