Skip to main content

Arti Hidup Sesungguhnya..



Happy move on!!
Terkadang gue belum sadar maksud, tujuan dan arah hidup gue kemana. Banyak yang bisa gue lakukan di dunia ini. Semua serba ada. Serba berlimpah. Serba berkecukupan. Tapi apakah gue sebagai manusia merasa puas? Karna sifat alami manusia yang “tidak pernah puas” untuk mendapatkan kenikmatan yang ada di dunia. Yang dekat atau jauh, yang mudah atau sulit. Semua akan didapat manusia karna diberi akal untuk berfikir. Dan maksud semua yang dilakukan apakah itu arti kehidupan yang sebenarnya? Gue yang belum jadi apa-apa. Belum bisa membanggakan diri sendiri apalagi untuk orang lain termasuk keluarga gue. Karna apa yang gue harapkan belum sebanding dengan apa yang gue dapatkan. Semua serba kurang. Belum perfect. Dan gue masih berharap lebih. Hidup gue yang belum apa-apa di dunia apakah tak berguna juga di akherat? Berawal dari yang sederhana. Seperti mengerjakan perintah dan menjauhi larangan NYA. Apakah sudah? Tentu gue hanya bisa introspeksi diri. Apa saja yang gue lakukan selama ini di dunia yang fana ini? Banyak kesalahan yang gue lakukan. Untuk diri gue sendiri bahkan orang lain! Yah gue bukan tuhan yang sempurna. Tapi apakah bisa gue jadi yang terbaik bagi umat? Hanya tuhan yang tahu. Dan gue yang berusaha. Karena hidup harus diusahakan. Jangan menunggu ‘umpan’ lalu kita menangkapnya. Ingat! Gue gak hidup sendiri. Banyak orang yang berusaha sama dengan gue. Menjadi yang terbaik. Terbaik dimata umat dan terbaik dimata tuhan. Semua berusaha untuk memanfaatkan ‘umpan’ itu. Tapi yang berhasil adalah orang yang kuat, teguh, tegas dan punya prinsip. Sedangkan orang ‘plinplan’ dan tak punya prinsip kaya gue hanya tertendang oleh meraka-meraka yang mampu bertahan. Maka gue mencoba untuk mencari ‘umpan’ itu. Bukan menunggu. Sekecil apapun itu. Setidaknya ada secerca harapan dan pengalaman yang gue petik meski akhirnya gagal bertahan. Apalah arti usaha bila ada kegagalan? Seperti banyak orang bijak mengatakan bahwa “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”. Apakah setiap kegagalan yang gue terima adalah keberhasilan yang tertunda? Kenapa harus sering terjadi? Dan gue bisa begini karna apa? Karna gue belum memaksimalkan akal yang tuhan kasih ke gue. Akal adalah media untuk gue berfikir. Memikirkan kegagalan yang terjadi disetiap kali gue mencari ‘umpan kehidupan’. Agar tidak jatuh pada lubang yang sama. Dan menjadikan kegagalan sebagai pengalaman yang pahit dan akan manis dikemudian hari. Kapankah gue merasakan manisnya keberhasilan? Hanya diri gue yang bisa menentukannya. Entah itu cepat atau lambat. Tergantung dari usaha yang seharusnya gue lakukan untuk mencapainya. Gagal? Usaha lagi. Karena salah satu sifat manusia yang terkadang harus gue latih adalah “Pantang putus asa”. Apalah arti putus asa jika kita punya ambisi? Ambisi untuk jadi yang terbaik? Ada kutipan kata bijak yang pernah gue denger bahwa “Ambisi dapat menghancurkan kita, Tapi mimpi dapat membangun kita untuk jadi lebih baik”. Hubungan antara mimpi ambisi dan harapan bisa membuat gue hancur. Jika tidak menggunakan akal. Akal berperan sebagai penyeimbang antara mimpi kita meraih kesuksesan, ambisi untuk jadi yang terbaik, dan harapan untuk masa depan yang lebih indah. Hidup itu dapat membangun dan dapat menjerumuskan. Tinggal gue yang memilih jalan mana yang akan ditempuh. Membangun diri gue atau malah menjerumuskan. Sekali lagi akal sangat diperankan untuk menentukan hal ini. Karna begitu berartinya akal yang dikasih tuhan ke gue membuat akal lebih bermanfaat dan berguna dalam menentukan arti hidup gue yang sesungguhnya. Dan arti sesungguhnya kehidupan adalah untuk berusaha mencari ‘umpan’, menentukan arah hidup menggunakan akal dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya akal itu untuk menjadi yang lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.