Skip to main content

Arti Sebuah MIMPI

Selamat Siang dunia !!

Pada kesempatan kali ini gue akan sedikit curhat dengan apa itu yang disebut mimpi.
Seperti yang kebanyakan orang bilang kalau mimpi itu adalah "bunga tidur". Tapi kalau mimpinya mimpi buruk atau tak mengenakan hati apa masih bisa disebut dengan bunga tidur?hehe mungkin bunga yang sedang layu :D

Nah membahas tentang mimpi, baru saja ada teman gue yang sms bahwa semalem dia mimpiin gue nikah sama dia, sampe-sampe dia kebangun dan tidak bisa tidur lagi?! Seburuk itukah mimpiin gue?hehe mungkin menurut dia sih itu adalah mimpi buruk soalnya yang dia mimpiin tuh bukan pacarnya tapi malah gue, pake nikah segala lagi. Untung ngga sekalian sama 'Malam Pertamanya' uhukuhuk :p
Itu dia sekilas pengalaman gue tentang mimpi dan dimimpiin, selanjutnya kita akan bahas apa mimpi itu sebenernya?

Menurut sebuah kutipan yang gue ambil dari sebuah situs yahoo tentang mimpi bahwa "Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra-indra lain dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Perkecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut Lucid Dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan terkadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi."- yahoo

Jadi mimpi itu sebuah kejadian alam bawah sadar kita ketika kita tidur. Macamnya mimpi yang kita lihat itu biasanya tergantung dari apa yang kita lihat, dengar, ataupun yang sedang kita fikirkan.
Jika anda bermimpi tentang seseorang teman dekat atau kerabat dan bahkan orang yang belum kita kenal tetapi pernah berinteraksi itu terjadi karena sebelumnya kita pernah melihat atau ada kejadian yang terjadi dengan orang tersebut dan menjadi topik hangat dalam fikiran anda sehingga terbawa mimpi.
Itu dia yang terjadi dengan teman gue yang sebelumnya gue ceritakan diatas, mungkin karena dia kangen sama gue jadi deh mimpiin gue,wakakak

Sekarang gimana sih caranya untuk menghindari mimpi buruk itu??
Ini dia cara simple yang dapat anda lakukan untuk menghindari mimpi buruk:
1. Bersihkan fikiran negatif anda maupun kejadian buruk yang pernah anda alami, karena jika terus-menerus anda fikirkan tentu akan terbawa dalam mimpi dan membuat tidur anda tidak nyenyak.

2. Hindari menonton film horor atau seram dimalam hari dan sebelum anda tidur, hal ini dapat menyebabkan mimpi buruk bagi anda yang takut dengan film hantu. Tentu ini akan mengganggu fikiran anda dan menyebabkan anda mimpi buruk.

3. Jangan terlalu lelah dengan rutinitas sehari-hari, sebaiknya anda beristirahat sejenak setelah melakukan kegiatan seharian daripada harus langsung tidur. Karena fikiran yang lelah akan mengganggu kenyamanan tidur anda.

4. Posisi tidur yang nyaman, ini hal yang paling mudah kita lakukan tapi terkadang kita tidak memperhatikannya. Posisi tidur yang tidak sesuai tentu akan mempengaruhi kenyamanan tidur anda dan menyebabkan anda mimpi buruk. Sebaiknya sebelum tidur kita perhatikan posisi badan kita saat akan tidur.

5. Bantal, Kasur, dan Guling. Pemilihan bantal yang nyaman entah itu tidak terlalu keras atau tidak terlalu empuk yang sedang-sedang saja dan sesuai dengan kenyamanan kepala anda ketika bersandar di bantal tersebut. Kasur berperan penting dalam menunjang kenyamanan tidur anda, dengan memilih kasur yang empuk dan agak lebar agar tubuh anda dapat leluasa bergerak dan tidak membuat anda sempit. Guling yang digunakan juga harus nyaman dipelukan anda karena guling merupakan media pelengkap tidur anda.

6 Kamar yang nyaman. Nah kamar ini adalah tempat istirahat paling baik tentunya harus sesuai dengan kenyamanan dan yang terpenting adalah sehat untuk kita. Hal yang harus kita perhatikan adalah cat kamar yang tidak terlalu gelap, kondisi barang yang ada di kamar pun harus rapih, bersih dan tidak menimbulkan sarang bagi hewan maupun serangga.

Itulah sedikit curhatan dan tips saya tentang seputar mimpi dan cara mengatasi mimpi buruk.
Semoga bermanfaat !!

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.