Skip to main content

“Fake”, Hidup Dengan Kepalsuan

Hello Netters!

Hari ini adalah hari ke-7 Gue libur kuliah. Artinya udah seminggu Gue buang-buang waktu buat maen game, nonton film, sama tidur. Gara-gara libur Gue suka lupa sama hari. Soalnya kalo liburan kaya gini Gue anggep setiap hari itu sama aja. Dan sampe Gue lupa juga kalo hari ini udah tanggal 1. Bukan, bukan masalah hari ini gajian. Tanggal 1 artinya Gue harus perpanjang paket internet Gue. Pas liat dompet ternyata duit simpenan juga udah abis. Berhubung hari ini Gue ada acara ke kampus, sekalian deh Gue mau ambil duit di ATM.


Singkat cerita…

Sore tadi Gue hujan-hujanan nyari konter yang jual voucher pulsa. Entah ada apa dan kenapa, mimpi apa juga Gue semalem, voucher yang Gue cari di beberapa konter deket rumah lagi kosong semua. Akhirnya Gue harus berkelana, biar kaya Rhoma Irama, menyusuri beberapa kampung seberang. Hingga sampelah disebuah konter yang lumayan gede, dan rame. Disini agak rancu mana yang emang lagi beli, mana yang lagi numpang neduh dari hujan. Setelah selap-selip, nyempal-nyempil, akhirnya Gue dipertemukan dengan mbak-mbak yang jualan.

“Voucher 1, mbak”.
“Yang berapa?”
“Yang 60rb kalo ada.”
“Iya ada”, mbak-mbak tadi menghilang diantara etalase yang isinya hp sama nomor perdana buat nyari pesenan Gue.

Tiba-tiba…

“Ji, ngapain lu?”.

Gue nengok ke orang yang nyapa Gue tadi. Mukanya sih gak asing buat Gue. Ternyata temen Gue pas sekolah SMK dulu.

“Lagi nyari cabe”.
“Ebusehh…”.
“Ngapain lo jauh amat maennya?”.
“Gue kerja ji, di BSD”.
“Oh, lo ngekos?”.
“Ngga, Gue tinggal sama om”.
“Gokil lo maennya sama om-om haha”.
“Eh si kamprett…”.

Gara-gara pertemuan gak sengaja itu, Gue jadi keinget tentang satu hal yang berhubungan sama temen Gue. Karna Gue mau ngomongin dia dan Gue gak enak takut dia tau, namanya Gue samarkan. Sebut aja Dakocan.

Dakocan, semoga lo baca postingan Gue…

Jadi, SMK dulu Gue sempet satu kelas sama si Dakocan pas kelas 2. Kita awalnya gak begitu deket sampe pada akhirnya dia sering nyontek hasil tugas Gue. Si Dakocan hobinya ngutak-ngatik hp android-nya. Dulu hp-nya Samsul galaksi yong. Pada saat itu menurut Gue samsul galaksi yong adalah hp tercanggih yang pernah Gue colek-colek. Dakocan sering pamer ke Gue kalo hp-nya bisa nangkep capung.

Dia juga suka bilang kalo hp-nya bisa dimanipulasi. Contohnya manipulasi GPS. Jadi, hp Dakocan bisa ngatur lokasi GPS sesuai keinginannya. Cocok banget buat yang mau ngeksis di-sosial media. Bayangin, Kita bisa check-in di sosmed kalo lagi di kampung seberang, atau di luar kota, malah bisa juga di luar negeri. Padahal Kita lagi tiduran rumah. Gue gak dikasih tau gimana caranya Dakocan bisa bikin kaya gitu. Dibanding hp Gue, Nexian, boro-boro GPS, bisa WAP aja seneng banget. Ngatur GPRS-nya aja ribet.

Kalo sekarang sih gak perlu ngutak-ngatik ‘daleman’ hp android kaya Dakocan kalo mau nge-‘fake’-in GPS gitu. Gue nyoba nyari aplikasi di Play Store dengan kata kunci “Fake”, gak lama muncul deh aplikasi yang mengandung kata “Fake”. Karna Gue kepo, jadi Gue nyari-nyari penjelasan tentang aplikasi-aplikasi “Fake” yang ada disitu. Berikut ulasannya.

Image by Screenshot-an pribadi


1. Fake GPS
Image by Screenshot-an pribadi
 
Di urutan teratas dan terbanyak ada aplikasi “Fake GPS”. Gue nanya-nanya ke mbah Google tentang penjelasan aplikasi ini. Kalo kata si Spot Gadget, aplikasi Fake GPS itu buat mengatur lokasi GPS pada hp sesuai dengan keinginan. Jadi dengan aplikasi ini, Kita bisa atur lokasi GPS hp Kita seolah-olah ‘beneran’ ada disana. Misalnya di luar kota, atau luar negeri. Gak perlu utak-atik daleman sistemnya, tinggal install aplikasinya, ikutin step-by-step yang ada di blognya Spot Gadget, voila! Kita bisa check-in aplikasi sosmed di lokasi yang Kita mau seolah-olah Kita lagi liburan. Biar keliatan kaya orang gitu jalan-jalan ke luar kota apalagi luar negeri, padahal lagi tiduran di rumah. Keren kan? Tapi PALSU cuy. Wk wk wk.


2. Fake Call and SMS
Image by Screenshot-an pribadi

Selanjutnya ada aplikasi “Fake Call and SMS”. Gue dapet penjelasan dari JalanTikus.com, kalo aplikasi ini bisa dipake buat bikin panggilan dan sms palsu. Selain itu Kita bisa atur parameter lain seperti nomor teleponnya, foto profil, serta ringtone-nya, jadi bisa lebih ‘meyakinkan’ orang lain kalo itu beneran ada orang yang nelpon atau sms. Padahal nyatanya “Fake”. Aplikasi ini cocok banget buat yang pengen keliatan ada yang merhatiin pas lagi kumpul sama temen-temen. Bisa juga dipake kalo pas reuni sama mantan dan Kamu gak bisa ajak pasangan karna emang gak ada. Biar gak jones-jones amat, dengan aplikasi “Fake Call and SMS” ini Kamu bisa bikin seolah-olah pacar Kamu nelpon atau SMS, dan nunjukin ke mantan Kamu kalo Kamu udah punya pacar. Padahal PALSU. Wk wk wk.

  
3. Fake Chats 
Image by Screenshot-an pribadi

Terakhir yang mau Gue ulas adalah aplikasi “Fake Chats”. Aplikasi ini gak jauh beda sama aplikasi sebelumnya, tentang kepalsuan. Kalo dari penjelasan di blog-nya pandetpandet, Fake Chats dari Yazzy itu bisa bikin chat palsu dari semua aplikasi sosial media yang ada. Keren kan? Cocok banget buat jones biar keliatan keren di depan temen-temennya atau gebetan-gebetannya atau mantan-mantannya kalo hp Kamu banyak yang chat. Padahal PALSU juga. Wk wk wk.

 
Sebenernya masih banyak aplikasi “Fake” yang bertebaran di Play Store saat ini. Gue sendiri gak tertarik pake semua aplikasi itu, nyobain aja males. Semua berawal dari si Dakocan yang tiba-tiba nongol dan mengingatkan Gue tentang kejadian dulu. Lumayan menginspirasi Gue biar ada bahan tulisan di blog Gue. Wk wk wk.

Pesan moralnya: Kenyataan emang kadang gak ngenakin. Tapi kepalsuan malah lebih menyakitkan. Seru sih biar keliatan eksis dan keren. Tapi kalo ketahuan orang kalo itu palsu, apa yang dirasa? Lebih baik hidup dengan kenyataan yang apa adanya walaupun pait, seperti minum kopi, tetep masih bisa dinikmatin.

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.