Skip to main content

Coffee Story: Kotak Kenangan



Hello Netters!

Entah hari ini udah memasuki hari keberapa Gue libur kuliah. Balada mahasiswa itu, pas kuliah kangen libur, pas libur kangen kuliah. Alhamdulillah selama liburan Gue punya pekerjaan, jadi biar gak nganggur banget selama libur kuliah. Kerjaan Gue itu bebas, terserah Gue mau kerja kapan aja, mau gak kerja kapan aja. Kerjaan Gue itu kadang jauh kadang deket, dan pindah-pindah tempatnya. Gue kalo lagi ‘mood’-nya bagus bisa kerja dari pagi sampe sore. Tapi kalo lagi ‘mood’-nya jelek Gue milih tiduran aja di rumah. Ternyata, ngerjain orang itu butuh kondisi ‘mood’ yang sesuai.


By the way, hari ini Gue lagi rajin-rajinnya. Helm Gue cuci. Sepatu Gue cuci. Otak juga Gue cuci. Selain nyuci, Gue juga beres-beres kamar. Gue sibuk membersihkan kenangan debu-debu yang nempel di meja, lemari, dan barang-barang lain yang bentuknya udah gak asik dipandang karna ketutupan debu yang lebih mirip daki.

Berhubung Gue mau masuk ke semester baru, jadi Gue juga ngeberesin catetan-catetan semester lalu dari binder Gue dan menggantinya dengan kertas yang baru. Istilah kerennya, membuka lembaran baru.

Ketika Gue lagi ngeberesin lemari, gak sengaja Gue menemukan sebuah kotak hitam. Gue merasa gak asing dengan kotak itu. Gue tiup bagian atas kotaknya dan debu berterbangan kemana-mana, sampe ada yang masuk ke kuping Gue dan bikin Gue bersin. Gue buka perlahan kotak bekas sepatu itu, dan isinya, nice, kenangan masa lalu Gue.

Satu-per-satu benda di dalam kotak itu Gue keluarkan. Ada surat, jam tangan yang kacanya udah pecah, gantungan, buku diary dan beberapa benda kenangan lainnya. Semua itu pemberian dari mantan-mantan Gue.

Benda pertama yang mau Gue bahas adalah surat-surat dari mantan Gue. Suratnya udah usang banget. Surat itu pemberian dari mantan pertama Gue pas masih duduk di kelas satu SMP. Namanya Nia. Gue naksir Nia pas hari pertama ikut MOS. Nia satu kelas sama Gue, dan Nia adalah cewe tercantik di kelas. Selama pedekate Gue suka surat-suratan sama Nia lewat perantara temen sebangku. Dengan bayaran satu batang choki-choki per-surat, Gue bisa surat-suratan sama Nia setiap hari. Sampe pada akhirnya Gue berani nembak Nia, dan Kami-pun jadian.

Waktu itu belum jaman chatingan via BBM atau whatsapp. Gue aja baru dikasih hp pas mau naik ke kelas dua. Itu juga hp esia hidayah, yang tarif sms-nya satu rupiah per-karakter. Sayangnya, pas Gue udah punya hp, hubungan Gue sama Nia udah putus duluan. Penyebabnya, karna temen sebangku Nia ternyata naksir sama Gue. Nia merasa gak enak, dan Dia lebih milih persahabatannya, dan Gue yang jadi korban. Nia mundur dengan alasan mau ngasih kesempatan buat sahabatnya buat dapetin Gue. Tapi fakta berkata lain. Sahabat Nia lebih memilih gak jadi deketin Gue karna merasa gak enak, seakan Dia udah ngerusak hubungan Gue sama Nia.

Akhirnya Gue kehilangan Nia, dan gak jadian juga sama sahabatnya. Pas kenaikan kelas, Nia pindah sekolah.


Benda selanjutnya yang mau Gue bahas adalah jam tangan, yang kacanya udah pecah. Jam tangan itu pemberian dari mantan Gue di kelas dua SMP. Namanya Diana. Jadi pas kenaikan kelas dua, ada pemilihan ketua OSIS baru. Gue yang gak tau apa-apa tiba-tiba didaftarin jadi calon ketua OSIS. Dan kampretnya, Gue menang. Padahal Gue gak tertarik ikut organisasi, apalagi sampe jadi ketua OSIS! Dengan terpaksa, Gue jalanin aja.

Ketika Gue jadi ketua OSIS, bisa dibilang enak gak enak. Enaknya, Gue jadi disegani temen-temen, dan kakak kelas. Lebih deket sama guru-guru, jadi masalah nilai lebih gampang. Dan populer dikalangan adek-adek kelas.

Gak enaknya, Gue disuruh pidato di setiap ada event di sekolah.

Diana adalah sekretaris Gue di OSIS. Gue deket banget sama Dia. Padahal Gue punya dua sekretaris. Tapi Gue lebih deket sama Diana karena sekretaris yang satunya itu cowo. Seiring berjalannya waktu, seiring juga kebersamaan, Gue dan Diana saling suka. Akhirnya Kami pacaran.

Hubungan Gue sama Diana terbilang langgeng, kira-kira setahun lebih. Kita sempet jadi pasangan ‘penganten’ diacara perpisahan sekolah. Kita didaulat jadi raja dan ratu sehari. Gue pake baju adat dan pake blangkon. Diana pake kebaya. Pas lulus SMP, Kami masuk di SMK yang sama. Sayangnya, sebulan kemudian, hubungan Gue sama Dia putus. Terakhir Gue dikontek Dia pas mau ngasih undangan pernikahannya. Gue memutuskan untuk gak dateng. Jangan ditanya kenapa.


Dan benda terakhir yang mau Gue bahas adalah…

Image by Koleksi Pribadi

Album foto ini adalah benda kenangan yang paling berkesan buat Gue. Bukan tentang albumnya, tapi isi di dalamnya. Foto-foto yang masih Gue simpen saat masih pacaran sama, Almarhumah, yang banyak kenangan yang gak mungkin Gue lupain. Jujur Gue gak kuat nulis tentang benda yang satu ini. Terlalu banyak memori yang harus Gue gali tentang kebersamaan Gue sama Beliau. Dua setengah tahun itu bukan waktu yang sebentar. Tapi semua terangkum di dalam album ini. Gue masih inget kejadian-kejadian konyol yang Gue lalui bersamanya. Itu yang bikin Gue ketawa geli, sendirian.

Mungkin gak seharusnya Gue menemukan kotak kenangan ini. Terlalu banyak kenangan indah dan pahit yang harus Gue inget lagi. Tapi Gue bersyukur, bisa melalui berbagai hal yang terjadi di masa lalu yang bisa Gue anggap sebagai pengalaman berharga untuk Gue sekarang, dan kedepan nanti.

Kotak kenangan ini bakal terus Gue simpen. Jadi kalo kangen, tinggal intip aja.

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.