Skip to main content

Coffee Story: Impian Gue Itu...

Hello Netters!!

Gimana malam minggunya? Masih Kelabu?
Mending Kelabu deh daripada Kelabing, dosa.

Apaan si?

“Di malam yang sunyi ini, aku sendiri, hanya ditemani kopi. Akhirnya kini ku sadari, diapun sendiri, kasian banget”. Itu adalah another-absurd-intro yang emang gak penting banget tapi Gue paksain nulis juga biar postingan blog Gue gak minim-minim banget kata-katanya.


Harus Kita akui. Kita? – Kalo basa-basi itu penting dalam berbagai hal. Misal, pas pedekate. Gue kalo basa-basi itu pasti GAK JELAS. Gara-gara itu hubungan yang Gue jalani bareng doi kebanyakan gak jelas. Ujung-ujungnya, pedekatenya sama Gue, jadiannya sama orang laen. Kan kamvrt.

Oke Kita sudahi basa-basi yang gak jelas ini.

Gue sebenernya lagi sedih. Karna sedih, Gue jadi gak seneng. Karna gak seneng, Gue jadi gak dapet inspirasi buat nulis di-blog Gue. Tapi, semua berubah setelah negara air menyerang. Loh ko air? – Bosen cuy api mulu. Dia lagi diem loh masa Gue omongin mulu. Kan kasian.

Tapi semua berubah karna kopi, mood nulis Gue-pun bangkit. Telat sih. Harusnya mood nulis Gue itu nongol dua yang lalu. Mungkin Gue udah submit tulisan Gue buat ikutan kompetisi blog yang diadain salah satu perusahaan gitu. Temanya tentang impian. Bukan impian basah, mandi di empang misalnya. Tapi impian Gue sebagai anak muda.

Perasaan baru kemaren dipanggil om-om.

Hadiahnya lumayan. Juara utama dapet trip ke Jepang seminggu, dan beberapa gadget. Iya lumayan, gadget-nya bisa Gue jual buat beli nasi uduk. Padahal Gue pengen banget ke Jepang. Di Jepang Gue bisa makan ramen tanpa ada yang ngamen. Bosen juga makan ramen instan mulu yang Gue beli di alfa-midi deket komplek rumah Gue dengan harga 4.600 rupiah.

Kalo Gue inget-inget terakhir Gue makan ramen (bukan instan) itu udah lama banget. Udah gitu Gue makannya ramen goreng gitu (Gue lupa namanya apa), pake topping daging sapi. Gue makan bareng temen Gue, Widya. Dia mesen ramen original spicy, karna Gue gak mau samaan, akhirnya Gue mesen ramen goreng itu. Tampilannya, mirip mie ayam, tapi pake daging sapi, bisa jadi namanya mie sapi. Rasanya, kaya mie tek-tek yang pernah Gue makan bareng Kemut, Lala, sama Pami di kantin kampus.

Gue nyesel. Kenapa Gue gak mesen yang original spicy juga? Gue liat Widya makannya lahap. Pasti enak. Kenapa Gue sok-sok-an gengsi gak mau samaan sama Widya? Kenapa? Kenapa? Makan tuh gengsi!

Karna “penyesalan itu datang belakangan”, akhirnya pas mie sapi itu abis, Gue mesen ramen original spicy.

~

Ngomongin soal impian, Gue punya banyak impian. Impian itu bisa berarti sebuah cita-cita yang ingin Kita capai suatu hari nanti. Dari kecil sampe sekarang impian Gue gak pernah konsisten. Waktu Gue sekolah TK, Gue ditanya sama guru Gue waktu itu, bu Nurul. Beliau nanya, “Puji, kalau sudah gede mau jadi apa?”. Dengan mantap Gue jawab, “Pilot bu…!”.
“Kenapa mau jadi pilot?” – Tanya bu Nurul penasaran dengan jawaban Gue yang berapi-api tadi *caelaah*.
“Biar bisa terbang bu…!”

Setelah Gue liat banyak berita jatuhnya pesawat, Gue jadi takut terbang. Mungkin Gue lebih milih jatuh cinta berkali-kali ke orang salah daripada harus jatuh bareng pesawat.

~

Naek tingkat ke SD kelas 4, Gue juga ditanya sama guru Gue kalo udah gede mau jadi apa. Karna Gue takut terbang, Gue milih mau jadi Dokter. Cuma waktu itu Gue bilangnya, “Doktor bu…!”.
“Wah Fauzy mau jadi orang jenius ya… Tepuk tangannya buat calon orang jenius… *Prok Prok Prok*”. Guru Gue kagum dengan impian Gue, dan temen-temen Gue bertepuk tangan juga, Gue-pun jadi bangga. Padahal niat Gue mau jadi Dokter itu pengen nyuntikin temen-temen Gue. Kaya Dokter yang suka dateng ke sekolah buat penyuntikan. Bukan jadi orang jenius. Waktu itu Gue belum tau ketidak-singkronan antara omongan Gue dan guru Gue.

Tapi gara-gara itu Gue jadi tau, kalo mau jadi Dokter, harus kuliah sampe S3.

~

“Jadi Dokter itu mahal loh ji kuliahnya…”. Sahut temen Gue, Ardi, pas Gue cerita waktu Gue kelas 4 SD dulu mau jadi Dokter. Ardi temen sebangku Gue pas duduk dikelas 1 SMP.
“Kayanya Gue gak jadi deh cita-cita jadi Dokter, duit dari mana”. Harapan Gue runtuh pas Ardi bilang kuliah kedokteran itu mahal.

Pas jaman Gue SMP, Gue mulai kenal sama sepak bola. Awalnya Gue diajak maen PS sama temen Gue dirumahnya. Game PS pertama kali yang pernah Gue maenin itu Winning Eleven. Karna Gue ‘buta’ banget soal sepak bola, Gue milih tim asal-asalan, yang penting maen. Tim yang sial saat itu karna dipilih Gue adalah Manchester United. Gue gak kenal siapa-siapa pemainnya. Gue gak tau harus pake strategi apa. Dan Gue gak tau cara maennya gimana. Temen Gue berbaik hati ngasih tau Gue kalo pemain yang jago di tim Gue itu kipernya, Van Der Sar.

Makasih loh broo… Informasi yang sangat bermanfaat BTW.

Setelah Gue tau dasar-dasar maen bola dan tombol apa aja pada Stik yang harus Gue pijit sesuai pemainnya. Dimana kalo Gue mau oper kawan, pijit X. Kalo Gue mau oper jauh, pijit O. Kalo Gue mau tendang keras, pijit Kotak. Kalo Gue mau makan, pijit-pijit tetangga biar dapet duit buat beli nasi uduk. Gue mulai bisa maen Game Winning Eleven. Karna Gue selalu pake tim yang sama buat beradaptasi sama Game-nya, Gue mulai terbiasa pake MU. Dari situ, dan sampai saat ini, Gue fans berat MU.

Gara-gara game Winning Eleven, Gue terobsesi jadi pemain sepak bola profesional pas udah gede nanti. Gue cerita ke Bokap kalo mau jadi pemain bola. Akhirnya Gue diijinin masuk Sekolah Sepak Bola Insan Cendekia.

11 adalah nomor punggung yang Gue pilih buat kostum Gue. Menurut Gue 11 itu adalah 2 angka yang terdiri dari angka 1 yang menurut Gue lurus, dan kokoh. Cocok buat Gue yang milih di posisi gelandang bertahan dan center-back, yang menuntut Gue harus solid dengan rekan sesama pemain belakang, dan kokoh dipertahanan supaya gak kebobolan.

Tapi kenyataannya, Gue payah di-kedua posisi itu. Gue males ngejar lawan. Lari Gue payah. Apalagi kalo harus berhadapan dengan striker yang larinya lebih cepet dari Gue. Udah deh mau gak mau, Gue tackle dari belakang, dikartu merah, dan Gue bisa istirahat duluan di luar lapangan.

Kiprah Gue di SSB lumayan serius. Setiap seminggu 3 kali Gue latihan. Gue ikut turnamen lokal walaupun harus gugur di-fase grup. Pernah Gue di’kontrak’ ikut tarkam di-tim kampung seberang. Turnamennya lumayan gede, diikuti banyak tim sekecamatan. Itu adalah turnamen paling gede yang pernah Gue ikutin. Kiprah Gue ikut tarkam lumayan lancar. Pemain di-tim Gue jago-jago. Gara-gara itu juga Gue jadi kebawa ‘jago’. Gue dan tim berhasil tembus ke babak final.

Sampe Di-final, manager tim Gue malah ngasih ramuan-ramuan Gitu. Katanya udah didoain sama orang ‘pinter’, atau biasa disebut dukun. Gile. Baru kali ini Gue maen bola bawa-bawa dukun. Gue sempet nolak. Karna Gue takut nanti malah terjadi apa-apa sama Gue. Tapi kata manager Gue ramuan ini harus dipake semua pemain biar menang, terpaksa Gue juga pake ramuan itu.

Dipertandingan puncak, badan Gue malah lemes parah. Konsentrasi Gue buyar. Mungkin ini efek ramuan yang dikasih tadi. Karna Gue gak percaya begitu-begituan, Gue malah suges sendiri kalo ramuan itu yang bikin Gue gak karuan. Parahnya, dipertandingan itu juga Gue di-tacle keras sama lawan. Gue cedera lumayan parah. Mungkin itu pertandingan turnamen terakhir Gue, mungkin juga itu terakhir kalinya Gue maen sepak bola. Gue trauma. Takut kalo kaki Gue harus di-ganjel kayu lagi dan jalan dengan tertatih-tatih.

Mulai saat itu, Gue gak mau jadi pemain sepak bola profesional.

~

Pas lulus SMP Gue langsung nyari sekolah SMK. Saat itu Gue belum tau mau ambil jurusan apa di SMK. Tapi berhubung Gue mulai jatuh hati sama komputer, Gue punya 2 pilihan, Multimedia atau Rekayasa Perangkat Lunak. Setelah semedi 7 jam 7 menit 7 detik, Gue memutuskan untuk masuk jurusan Multimedia. Alesannya simple, Gue mau bikin film animasi. Impian Gue saat itu adalah menjadi animator di Disney atau Pixar gara-gara Gue nonton film Toy Story dan Monster Inc.

Tapi jalan Gue untuk jadi animator terganjal oleh spek komputer yang Gue punya. Ternyata software untuk bikin animasi itu berat-berat. Sekali buka softwarenya, komputer Gue langsung ‘not responding’. Paling banter Gue maenan software Macromedia Flash MX yang lumayan ringan. Gue sempet iri sama temen-temen Gue yang bisa maenan 3DMX, apalagi Adobe After Effect. Tugas akhir yang mereka bikin juga keren-keren. Ada yang bikin video bumper yang gokil abis. Ada yang bikin film dengan efek-efek khusus. Dan masih banyak lagi yang lebih keren dari Gue. Sedangkan Gue cuma bikin Aplikasi yang nampilin tutorial tentang CorelDraw. Itu juga udah beberapa kali komputer Gue hang pas ngejalanin animasinya. Padahal sederhana banget.

Dari situ Gue mikir, kalo Gue mau lanjutin kuliah animasi, Gue harus punya spek komputer yang tinggi. Minimal bisa jalanin After Effect dengan lancar. Selain itu, setelah Gue cari tempat kuliah animasi ternyata mahal-mahal. Oke fix. Gue gak mampu.

Pupuslah sudah impian Gue jadi animator profesional.

~

Sampe pada akhirnya, Gue mau lulus SMK. Dan Gue belum tau mau nerusin kuliah jurusan apa. Pikiran Gue buntu. Masa depan Gue abu-abu. Mau kerja bagian animasi tapi Gue cuma bisa maenan Flash MX. Bokap nanya ke Gue mau kuliah jurusan apa. Gue bilang apa aja deh. Bokap nyaranin Gue masuk fisika atau kimia, biar kerjanya gampang bisa di kantor bokap Gue kerja. Padahal Gue gak tertarik sama kedua jurusan itu. Pas ada tes SMPTN Gue milih UI dan IPB, jurusan fisika dan satu lagi kimia. Hasilnya, Gue gagal.

Kata temen Gue, yang berpeluang keterima di MIPA itu lulusan SMA IPA. Buat lulusan SMK itu adalah hal yang mustahil. Tapi Gue gak nyerah, walaupun Gue gak ada kemampuan di Fisika atau Kimia, sengganya Gue mau bikin seneng bokap Gue dengan nurutin sarannya. Soalnya ada yang bilang, kata-kata orang tua itu selalu bener, dan yang terbaik buat anaknya.

Gue ikut simak UI dan tes mandiri UIN untuk kedua jurusan yang sama. Tapi, gagal juga.

Sampe semua penerimaan mahasiswa baru ditutup, Gue belum keterima dimanapun. Gue mau kerja tapi belum punya skill yang bagus. Akhirnya Gue milih kuliah di UNPAM. Dengan jurusan yang asal pilih juga dan menurut Gue paling keren disebutinnya, Teknik Informatika. Yang Gue tau Informatika itu pasti masih berhubungan dengan komputer, masih sejalan sama jurusan Gue pas SMK lahyaa.

Di tahun kedua, Gue ikut seleksi penerimaan mahasiswa lagi di UIN. Dengan jurusan yang masih sama. Impian Gue buat bikin bangga orang tua Gue belum habis. Gue harus terus berusaha sampe tetes susu kental manis yang terakhir.

Walau pada akhirnya, Gue tetep gagal.

Saat itu Gue mikir, ternyata Gue gak ada bakat di dua jurusan pilihan Bokap Gue. Dan kuliah Gue saat ini di-informatika juga mulai menemui titik terang. Meski awalnya Gue harus mati-matian belajar C++, tapi Gue mulai tau bahasa pemrograman apa yang cocok buat Gue.

~

Sampe saat ini Gue belum tau impian apa lagi yang mau Gue gapai. Kalo Gue inget-inget, banyak impian yang malah belum sempet Gue perjuangkan tapi udah mundur duluan. Gue mencoba untuk mengikuti alur yang ada sekarang. Melakukan dengan maksimal apapun yang Gue lakukan adalah jalan terbaik yang bisa Gue ambil. Entah jadi apa Gue nanti, selagi itu Gue lakukan dengan maksimal, pasti itu yang terbaik buat Gue. Apalagi, Gue udah mau semester akhir. Jangan banyak bermimpi. Terus kejar dan kejar apa yang ada didepan mata, dan apa yang ada digenggaman Gue saat ini.

~


Gara-gara ngomongin ramen jadi Gue BM ramen..

Ke Alfa-midi malem-malem cuma beli ramen instan
 

Comments

  1. Grand Casino Resort Hotel Las Vegas, NV - Mapyro
    Grand Casino Resort Hotel Las Vegas 대구광역 출장안마 is 청주 출장안마 situated on top of a shopping center. 광주광역 출장샵 It 영주 출장마사지 features a casino with a 70,000 순천 출장마사지 square foot gaming floor, and 1,112

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.