Skip to main content

Catatan Kecil Untuk Kambing

Hello Netters!!

Kembali lagi di blog gue \(^,^)/

Sumpeh itu tadi alay bgt.

Gue baru aja nonton film Raditya Dika. Judulnya “Kambing Jantan”. Gue gak sengaja nemu filmnya pas Gue lagi buka-buka youtube. Emang akhir-akhir ini youtube jadi tempat pelarian Gue dari suntuknya ngerjain tugas kuliah. Mulai dari mantengin vlog-nya Raditya Dika, sampe ngepoin Arafah. Iya, Arafah. Gue tau dia dari youtube. Arafah bisa dibilang ‘idol’ barunya di acara pencarian bakat stand up comedian gitu. Sebenernya kalo boleh gue jujur, materi stand up Arafah gak ada yang lucu. Garing. Tapi entah kenapa, Gue ketawa.


Menurut Gue. Selain materi dalam ber-stand up comedy yang harus berbobot. Pembawaannya juga harus asik. Bikin nyaman orang lain buat dengerin kita bicara itu gampang-gampang susah. Disisi lain kita harus memikirkan materi yang cocok buat audien. Disatu sisi lain, kita harus memikirkan bagaimana kita membawakan materi itu dengan asik dan sesuai dengan yang kita harapkan ketika bikin materi itu, bikin orang lain ketawa.

By the way, kenapa jadi ngomongin stand up comedy?

Perjalanan Gue sampe tiba-tiba nemu film “Kambing Jantan” itu cukup panjang.

Diawali dari jam 2 pagi hari, Gue terbangun. Udah seminggu ini jam tidur Gue kacau. Kadang susah tidur. Kadang baru tidur sebentar kebangun lagi, terus Gue gak bisa tidur sampe pagi. Ini yang Gue alami tadi pagi. Gue  kebangun jam 2 dan gak bisa tidur lagi. Ada hal yang mengganggu pikiran Gue akhir-akhir ini sampe jam tidur Gue kacau. Gak Cuma tidur aja. Kuliah, makan, minum, sampe BAB juga sama kacaunya.

Gak kerasa Gue udah bengong selama 30 menit sejak Gue bangun. Masih mencoba mencari-cari penyebab kenapa Gue bisa sekacau ini. Hari-hari yang Gue jalanin terasa berat. Kaki Gue berat sampe Gue gak kuat buat beranjak dari kamar Gue, dan berangkat kuliah. Otak Gue berat sampe Gue gak kuat mikirin tugas-tugas kuliah Gue. Badan Gue berat sampe Gue gak kuat buat duduk manis depan laptop dan ngerjain semua tugas-tugas. Tangan Gue berat sampe Gue gak kuat buat ngetik tugas dan ngetik cerita di blog Gue.

Dari situ Gue sadar, kalo Gue gemukan.

 Udah terlalu lama Gue terdiam dengan pikiran kosong. Diluar hujan. Meski gak terlalu deres tapi dinginnya lumayan nusuk kulit Gue. Kayanya tembus sampe ke hati. Hati Gue jadi dingin. Gara-gara dingin Gue keserang penyakit kambuhan. Penyakit kangen. Gue kangen pada sesuatu yang udah gak bisa gue raih lagi. Sesuatu yang udah gak bisa Gue sentuh lagi.

Dari kangen pada sesuatu yang udah gak bisa Gue raih, yang gak bisa Gue sentuh lagi. Gue cuma bisa mengulang hal-hal yang pernah Gue lewati ketika masih bisa Gue sentuh dulu. Misalnya Gue baca-baca chat-chat lama. Dari mulai Gue bilang chat BBM pending terus minta pindah chat ke Whatsapp, sampe yang terakhir “Kamu jgn berfikir semua salah kamu……blablabla”. Gue baper. Kadang Gue ketawa juga. Ternyata hal sekonyol itu yang bakal Gue kangenin dihari-hari kedepan. Gue cuma bisa baca ulang lagi chat-chat yang sama pas kangen, dan senyum-senyum kaya orang stress.

Gak kerasa 1 jam lebih Gue baca chat-chat lama. Gue terdiam. Dan otak Gue dipaksa buat berpikir lagi. Ternyata patah hati terhebat udah bikin hari-hari Gue kacau. Ditinggal pas lagi sayang-sayangnya itu gak ngenakin ternyata. Gue udah 3 kali merasakan hal yang sama. Dan 3 kali juga Gue harus mati-matian ngilangin perasaan yang ada. Tapi, semakin Gue berusaha buat ngelupain, perasaan Gue malah makin dalam tertanam. Gue berantakan.  

Karma?

Bukan. Gue tau semua yang terjadi di dunia ini emang udah takdir. Termasuk ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Dan karna itu juga menyadarkan Gue untuk selalu berusaha yang terbaik buat orang yang Gue sayang meski pada akhirnya Gue ditinggalin juga. Emang awal ditinggalin itu bikin kacau. Berantakan. Semakin Gue berusaha buat ngelupain orang yang Gue sayang, malah semakin bikin Gue gak bisa lupa sama rasa sayang itu. Dan sebenernya, perpisahan itu bukan masalah ngelupain orangnya, tapi bagaimana Gue harus terbiasa memulai hari tanpa Dia. Dan itu cuma masalah waktu aja. Gue percaya, kalo emang udah waktunya, semua bisa berubah. Termasuk rasa sayang Gue.

Adzan shubuh berkumandang. Menyadarkan Gue dari lamunan tentang Gue dan perasaan Gue. Dari hasil merenung Gue sepagi tadi, Gue memutuskan untuk memulai hari senin ini dengan perasaan yang berbeda. Gue harus berbenah dari sisa berantakan Gue seminggu terakhir. Gue udah kebayang susahnya bakal seperti apa. Tapi sebisa mungkin Gue bakal nikmatin proses ini.

Hp Gue berbunyi. Ada chat dari Dika yang bilang kalo mau ke rumah jam 8 pagi ini. Sebenernya Gue ngantuk banget. Tapi kalo tidur lagi, Gue takut lupa sama ikrar Gue tadi. Sebagai teman yang baik Gue mencoba membantu Dika nyelesain tugas kuliahnya. Walaupun kenyataannya tugas Gue juga belum kelar.

Salah satu bukti kalo perasaan Gue mulai berubah adalah siang tadi Gue makannya banyak. Ya walaupun gak sampe nambah 2 kali kaya Dika, tapi porsi Gue gak sebanyak yang biasa Gue makan. Gue jadi inget seminggu terakhir Gue makan seingetnya aja. Gak heran kalo Gue ngerasa hari-hari Gue terasa berat. Ternyata Gue kurang gizi. Lesu. Lunglay.

Tapi semua udah berubah. Sayur sop yang dimasak nyokap tadi lebih enak dari biasanya. Bikin Gue semangat jalani hidup Gue yang baru.

By the way, Gue juga mulai aktif lagi di sosial media. Kemaren sempet Gue kepikiran buat matiin semua akun sosmed Gue. Untung belum kesampean. Karna Gue tau itu berlebihan banget.

Tugas kuliah udah mulai Gue kerjain lagi. Walaupun belum rampung, tapi seengganya ada pencerahan bakal kelar sebelum batas akhir pengumpulan tugas nanti. Beban dipikiran Gue juga sedikit berkurang karna tugas laporan KP Gue udah kelar. Tinggal pusing aja mikirin dana buat ngejilidnya.

Gue sempet break ngerjain tugas dan iseng-iseng buka youtube. Gak sengaja Gue nemu video stand up Bang Radit 5 tahun yang lalu. Itu diacaranya stand up nite. Gue nonton sampe episode ketiga. Dan gak sengaja juga Gue liat ada video “Kambing Jantan”. Ternyata itu film Bang Radit yang dulu. Kayanya film dia yang pertama. Soalnya film itu diangkat dari buku dia yang pertama dengan judul yang sama, “Kambing Jantan: Catatan Harian Pelajar Bodoh”. Gue menyisihkan waktu 1 jam 53 menit buat streaming film itu.

Filmnya seru. Ada bapernya. Ada lucunya juga. Tapi bapernya lebih banyak. Gue baru tau, ternyata Bang Radit sempet kurus juga. Ada 4 adiknya yang ikut main di film itu. Cerita filmnya hampir sama percis kaya yang ada dibuku. Walaupun Gue juga udah agak lupa sama cerita yang ada dibukunya karna udah lumayan lama juga.

Buku “Kambing Jantan” adalah buku karya Bang Radit yang pertama kali Gue baca.  Gue inget waktu itu Gue lagi main ke tempat temen sepermainan Gue waktu SD, Dira. Dia suka baca buku, dan Gue dikasih tau tempat buku-buku koleksinya. Gue ngiler sama koleksi yang dia punya. Kebanyakan novel-novel remaja gitu. Ada juga novel komedi. Salah satunya buku “Kambing Jantan”. Gue sempet mengira kalo itu buku tentang cara berternak kambing. Tapi pas Gue baca “Catatan Harian Pelajar Bodoh”, Gue pikir ini semacam diary alay anak abg. Covernya kocak, ada foto Bang Radit dengan bulu hidung yang menjuntay kemana-mana. Gue baca dengan khusuk bukunya sampe Gue bawa pulang.

Dari buku yang pernah Gue baca, dan film “Kambing Jantan” yang  barusan Gue tonton mengajarkan Gue bahwa, sesuatu yang udah berbeda dari sebelumnya itu bikin kita gak nyaman. Misal, ukuran sepatu yang makin lama makin sempit, pasti Kita gak nyaman makenya. Sama dalam hubungan. Kalo perasaan Gue atau perasaan Dia yang berubah jadi beda, hubungan itu udah gak bakal bikin nyaman lagi. Karena perasaan itu udah berbeda. Dalam hubungan yang dicari adalah kenyamanan. Kalo udah gak nyaman buat apa dipertahanin. Mungkin itu yang Dia rasain sampe Dia mutusin Gue.

Intinya Kita Gak bisa memaksakan apa yang emang udah berubah jadi beda. Perasaan yang dulu udah gak mungkin bisa sama. Dan mungkin Gue cuma bisa merelakan perasaan Dia berubah. Dan mungkin juga Gue harus merelakan waktu merubah perasaan Gue ke Dia.

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.