Skip to main content

Pena Galau Spesial Hari Raya Idul Adha 1435 H!

Happy move on Netters!!

Art by Author
Alhamdulillah Wasyukurillah, hari ini tepat tanggal 5 Oktober 2014 bertepatan dengan hari raya Idul Adha 1435 Hijriyah. Sebelumnya gue mau ngucapin selamat hari raya Idul Adha 1435 H bagi semua yang merayakan.

Bicara soal hari raya Idul Adha, gak lepas dari pergi Haji dan Kurban. Ngomongin soal kurban, pasti paham dong ya apa yang dikurbanin. Bisa kambing, domba, sapi, dan onta. Asal jangan kurban perasaan aja. Atau kalo kata temen gue di dp-nya, “Ku kurbankan dia bersama orang lain”. Asli itu sih nyeseknya kebangetan wkwk. Tapi ada pesan dibawahnya, “Nanti upahnya besar di surga”. Nah ini bisa dibilang upaya membela diri atau menghibur diri. Yaa sudahlah ya, yang lalu biarkanlah berlalu, kalo dia milih yang lain, biarkan dia berlalu (apasih).

Kurban, pasti udah pada tau dong asalmuasal dari kisah kurban itu sendiri. Bagi yang belum tau, nih gue sedikit cerita, semua berawal dari mimpi Nabi Ibrahim a.s, dimana dalam mimpi itu, beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail a.s.. Awalnya Nabi Ibrahim tidak langsung melakukan perintah itu. Namun karna mimpi yang sama selalu terjadi, akhirnya beliau akan melakukan perintah Allah tersebut. Sebelumnya Nabi Ibrahim akan menanyakan perihal perintah itu kepada sang anak, Nabi Ismail. Namun dengan yakin dan pasti Nabi Ismail langsung menerima permintaan itu dari sang ayah, tanpa rasa takut sedikitpun. Wow betapa berbaktinya seorang anak yang menaati perintah orang tua dan tuhannya walaupun itu menyangkut nyawanya. Setelah menyepakati bersama, finally ayah dan anak itu segera melakukan penyembelihannya. Tiba-tiba ketika pisau yang dipakai Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya itu menyentuh leher Nabi Ismail dan hendak disembelih, atas izin Allah, digantinya Nabi Ismail dengan seekor Gibas(sejenis kambing). Dan jadilah yang disembelih itu kambing tersebut. Itulah asalmuasal dari kurban itu sendiri. Dimana kita diajarkan untuk berkurban dengan hati ikhlas.

Oke, minggu hari ini judulnya minggu berdarah (kata bro Fahmi). Jujur gue gak tega kalo ngeliat kambing dan sapi itu dipotong. Seakan dia tau akan dipotong, berteriak teriaklah kambing itu minta dilepaskan. Lantas temen-temen yang sedang menunggu giliranpun berteriak histeris. Sapi yang awalnya cuek dan kalem, jadi ikutan gundah gulana, karna yang besar biasanya belakangan disembelihnya.

Dari situ gue punya sedikit cerita joke. Ini cerita masih ada sangkut pautnya dengan kurban. Dimana gue akan menceritakan “Pak Kambing” (sang kurban) yang akan disembelih pada hari ini. Namun sebelum dia disembelih, sang penjagal memberikan satu kesempatan kepada Pak Kambing untuk memberikan pesan-pesan terakhir kepada keluarganya di kampung. Sang penjagal pun memberikan hape untuk Pak Kambing menelpon istrinya di rumah.

PK(Pak Kambing) : “Halo mamah, ini papah..” (dengan nada sedih).

BK(Bu Kambing) : “Halo pah, gimana keadaan papah?” (khawatir).

PK : “Sudah diunjung tanduk mah..” (makin sedih).

BK : “Yasudah pah ikhlasin saja, kami sekeluarga sudah merelakannya kok pah..” (menyemangati Pak Kambing).

PK : “Alhamdulillah kalo gitu, papah tenang..” (perasaan lega)

BK : “Yang sabar ya pah, tunggu mamah disurga..”

PK : “Iya mah. Ohya papah punya pesen untuk anak kita, jangan bandel, jangan makan sembarangan, jaga kesehatannya juga..”

BK : “Aduh gimana papah ini, kan anak kita sudah disembelih duluan pah..”

Ternyata jadi korban sate kambing muda, muehehehe..

PK : “Ohiya papah lupa, biar nanti papah salamkan mamah ke anak kita disurga..”

BK : “Iya pah. Ohya mamah juga punya pesan terakhir buat papah..”

PK : “Apa itu mah?”

BK : “Nanti kalo papah udah gak ada, mamah izin nikah lagi sama jantan yang lain ya pah..” (nada genit)

PK : “Hah?! Tap..tap..tapi......~”

BK : “Loh, halo pah! Pah?! Kenapa telepone kok modar pah?! Haloo??!”

Dan sang penjagal kaget bukan kepalang. Ternyata Pak Kambing keburu mati dengan sendirinya karna pesan yang disampaikan oleh istrinya. Tamat.

Haha absurd-nya. Itulah sedikit joke untuk menghilangkan sedikit ketegangan yang gue rasa saat ini. Entah kambing yang mau disembelih kenapa jadi gue yang tegang? Ahsudahlah, gak usah diseriusin. Mending kita prepare buat bikin sate siang ini. Tapi inget, jangan kebanyakan makannya, nanti tensinya naik hehe..

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.