Skip to main content

Ciye Mahasiswa Baru Ciyee !!

Happy move on Netters!!

Alhamdulillah pada kesempatan ini gue masih bisa dikasih waktu luang buat sedikit cerita-cerita lagi. Kali ini gue mau cerita pengalaman gue jadi maba (mahasiswa baru) sampai perjalanan gue mengemban status sebagai mahasiswa di kampus.



Hari ini tepat tanggal 6 Oktober 2014, hari pertama gue memulai aktivitas seperti biasa di kampus sebagai mahasiswa. Kenapa baru mulai masuk lagi? Yaa mungkin ada temen-temen gue yang kuliah di kampus yang berbeda lebih duluan masuknya daripada gue. Bahkan mungkin sekarang ini mereka sudah menjalani setengah perjalanan dari satu semester perkuliahan. Gak heran sih, ketika gue jadi maba baru mulai perkuliahan dibulan september akhir, dan sekarang baru mulai kuliah semester tiga di bulan oktober. Jadi otomatis ketika temen gue semua sedang libur akhir semester, gue masih ada perkuliahan, dan ketika gue libur akhir semester, temen-temen gue udah mulai perkuliahan disemester baru. Sedihnya gak bisa liburan bareng >_<.

Kembali lagi ke gue yang baru masuk perkuliahan lagi hari ini, kebetulan masuk perkuliahan berbarengan dengan hari pertama kuliahnya mahasiswa baru di kampus gue. Seru juga ngeliat wajah-wajah baru yang lagi kebingungan nyari kelas wkwk. Padahal gue juga bingung nyari kelas gue yang setiap semester gonta-ganti kelas. Sebenernya gak terlalu susah sih membedakan antara mahasiswa baru dengan mahasiswa lama di kampus gue. Ada beberapa ciri-ciri mencolok yang bisa dikenali dari mahasiswa baru. Pertama, dalam hal berpakaian dan penampilan. Selain tampilan wajah yang terlihat asing dimata gue, pakaian yang dipakai oleh maba rata-rata terlihat rapih-rapih. Untuk cowok biasanya memakai kemeja rapih dengan kancing baju sampai keleher dan gak jarang bajunya diselipkan di pinggang celana, keliatan seperti karyawan sihyaa. Rambutnya juga keliatan rapih dengan potongan pendek dan sedikit agak kelimis. Walaupun gak 100% maba berpenampilan seperti itu, tapi sebagian besar yang gue lihat memang begitu penampilan dari seorang maba cowok.

Kemudian untuk cewek, rata-rata tampilan mereka lebih modis, dengan model fashion yang uptodate lebih cenderung ingin menarik perhatian orang  lain yang ada dilingkungan barunya. Kadang make up yang mereka poles di wajahnya keliatan agak menor dengan berbagai jenis make up yang dipakainya. Hal ini tidak lain tidak bukan hanya untuk menarik perhatian orang baru disekitarnya, sehingga mereka dengan mudah mendapatkan temen baru di kelas. Gak jarang untuk maba cowok dan cewek biasanya juga menggunakan almamater ketika masuk kampus, walaupun gak semua tapi ini adalah ciri mencolok yang dapat dikenali sebagai mahasiswa baru. Karena biasanya untuk mahasiswa yang udah senior, tidak menggunakan almamater saat kuliah, kecuali kalo ada seminar, uts dan uas. 

Ciri yang kedua adalah, maba biasanya dihari pertama mereka kuliah akan terlihat menyendiri di setiap sudut kampus. Ini disebabkan karena mereka belum punya kenalan baru. Atau punya temen satu sekolah ketika SMA dengan mendaftar di kampus yang sama, jurusan yang sama, dan waktu daftar yang sama tapi gak menjamin mereka akan berada di kelas yang sama, bahkan waktu jadwal kuliahnya belum tentu sama. Yaa mau gak mau, suka gak suka harus dapet kenalan baru di kelas. Biar gak forever alone aja. Lagi pula semua akan terasa mudah dan menyenangkan menjalani rutinitas perkuliahan dengan adanya temen-temen deket di kelas.

Selanjutnya untuk ciri yang ketiga yaitu, biasanya maba akan terlihat sedikit lebih sopan. Walaupun gak semuanya dan gak terlalu mencolok, tapi ini bisa dijadikan indikasi bahwa dia adalah maba. Sebagai contoh, disaat gue sedang duduk ngobrol-ngobrol di lorong kelas, lewatlah seseorang atau lebih yang disinyalir sebagai mahasiswa baru. Ketika mereka lewat didepan gue, dengan sopannya bilang “permisi” sambil sedikit membukukan kepala dan senyum. Hal ini gak akan ditemui lagi ketika mereka sudah menjadi mahasiswa senior. Kalo lewat yaa paling nyelonong aja, nengok juga enggak wkwk.

Itulah beberapa ciri-ciri absurd untuk membedakan mana mahasiswa baru dan mana mahasiswa lama menurut pandangan gue. Kalo beda sama pandangan tetangga sebelah yaa wajar, mungkin pengamatan kita berbeda dan cara penilaiannya pun berbeda. Tapi inget, yang namanya perbedaan itu adalah hal yang lumrah dalam kehidupan, hadapi dengan santai dan terus hargai pendapat orang lain. Dan sesungguhnya perbedaan itu adalah bumbunya kehidupan, dengan bumbu semua akan terasa lebih nikmat (ngawur deh gue).

Yaa mungkin cukup sekian dari cerita singkat padat dan gak jelas ini. Selalu untuk gak seriusin apa yang gue tulis karna semua gak ada manfaatnya!!

Semoga gue masih bisa meluangkan waktu untuk bisa cerita banyak lagi tentang hal-hal absurd di dunia ini. Aamiin..

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.