Skip to main content

Pengertian Teknologi Informasi


v  Teknologi Informasi adalah ilmu cara memanipulasi (penyimpanan, pengelolaan, & pengolahan) data untuk menghasilkan informasi.

v  Masyarakat Informasi adalah suatu masyarakat dimana lebih banyak orang bekerja dalam bidang penanganan informasi.

v  Perolehan informasi dapat melalui :
·         Pustaka (referensi)
Informasi dapat diperoleh melalui karya tulis seseorang sebagai titik acuan atau referensi sebuah informasi agar jelas dan dapat dimengerti.
·         Media Massa (koran, majalah, dll)
Berbagai media massa dalam bermacam-macam bentuk tentunya selalu menyediakan banyak informasi yang dapat diperoleh dengan mudah.
·         Lisan (wawancara)
Mencari informasi dapat dilakukan dengan wawancara serta menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang dapat meluaskan informasi dari berbagai narasumber.
·         Tulisan (Surat, spanduk, dll)
Dijalan maupun ditempat-tempat umum tentu kita akan menemukan spanduk ataupun brosur yang berisi iklan maupun himbauan serta ajakan. Informasi akan mudah didapat dengan hanya membaca spanduk atau surat yang berisi informasi yang berguna.
·         Manual (pulpen, kertas, dll)
Untuk memperoleh informasi yang akurat dari sebuah wawancara tentunya dibutuhkan alat tulis berupa pulpen dan kertas untuk mencatat informasi yang didapat dari nara sumber. Agar informasi yang didapat tepat dan sesuai dengan fakta, serta akan mudah diingat.
·         Mesin Mekanis (mesin tik)
Sebelum adanya komputer, mesin tik digunakan dalam pencatatan informasi yang didapat.
·         Alat telekomunikasi (Handphone, telepon)
Dijaman yang modern ini, banyak sekali beredarnya handphone canggih serta dengan berbagai kemudahan yang diberikan internet sehingga para pencari informasi tidak akan kesulitan dalam memecahkan sebuah masalah.
·         Alat Elektronis (komputer)
Komputer pun turut andil untuk dimanfaatkan sebagai alat pencari informasi. Dengan koneksi internet, kita dapat menemukan berbagai solusi untuk masalah kita dengan informasi yang tersedia diinternet melalui komputer.

v  Hal-hal yang membuat informasi berguna adalah :
·         Akurasi
·         Lengkap
·         Dapat dipercaya
·         Berhubungan
·         Mudah diakses
·         Berdasarkan fakta
·         Tepat waktu
·         Tidak terkontaminasi

v  Arsitektur Informasi adalah perencanaan terhadap kebutuhan informasi.

v  Tujuan Teknologi Informasi yaitu :
·         Memecahkan masalah
·         Membuka kreativitas
·         Efektifitas

·         Efesiensi

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.