Skip to main content

Cinta Disepiring Nasi Goreng


Ilustrasi - pexels.com


Hello Netters!

It’s not my day. Waktu sudah menunjukan pukul 4 sore, tapi matahari masih begitu teriknya. Panas, capek, gerah, dan...laper. Jalan raya pamulang-setu-muncul seakan menyembulkan hawa yang begitu panas. Sesekali gue menengok ke arah warung nasi di pinggir jalan yang memang telah mengalihkan konsentrasi gue selama berkendara. Sempet berfikir untuk mampir ke salah satu warung dan makan disana, tapi gue urungkan. Selain mau ngirit, gue juga lebih suka masakan nyokap daripada harus jajan diluar. Menurut gue makanan bikinan nyokap itu  adalah makanan paling enak di dunia dan akhirat. Walaupun nyokap cuma masak ikan asin sama sambel, percaya deh, gue bisa nambah 2-3 kali! Gimana? Mulai ngiler? Makanya maen kerumah dong!! *kode cuyy*


Sampe dirumah, perlahan gue memarkirkan si putih ke garasi rumah. Situasi dan kondisi rumah begitu hening. Gue duduk di bale depan rumah, melepaskan helm-sarung tangan-jaket-dan sepatu. Gue menarik nafas dalam-dalam, dan menghembuskannya perlahan. Seakan gak percaya, hari ini begitu berat. Materi kuliah yang baru saja gue emban begitu memusingkan. Ditambah setumpuk tugas yang menanti untuk dikerjakan. Dan satu lagi yang sangat mengganggu –laper yang sudah menjadi-jadi.



Gue masuk rumah. Masih, situasi dan kondisi begitu hening. Gue melihat ke-sekeliling. Ya. Gak ada orang dirumah. Sepertinya nyokap dan adek gue yang paling kecil lagi pergi ke pengajian. Adek gue yang satu lagi sepertinya lagi maenan burung disuatu tempat. Oke. Jangan ngeres dulu. Belum lama ini dirumah gue emang ada tiga penghuni baru. Yaitu, tiga ekor burung dara. Terdiri dari sepasang sejoli dan satu ekor JONES (JOmblo yang ngeNES). Terhitung beberapa kali si jones mengganggu pasangan sejoli yang sedang asik pacaran. Gue heran, kenapa yang jones-jones gitu emang suka ganggu hubungan orang. Perasaan gue gak gitu-gitu amat.



By the way, gue itu sebenernya gak suka banget sama hewan-hewan jenis unggas kayak gitu untuk dipelihara. Udah bau, pup-nya juga sembarangan. Pernah gue lagi asik-asik baca buku sambil duduk dibawah pohon ceri, tiba-tiba buku gue kena pup burung gereja. Pas gue nengok ke atas dan hendak memaki si burung, jidat gue malah kena pup.



Sempet gue protes ke bokap-nyokap tentang rencana adek gue yang pengen melihara burung, tapi ortu gue kebangetan baiknya. Mereka lebih milih nurutin kemauan adek gue ketimbang keselamatan jidat anaknya.



Setelah mengganti kostum dari kostum kuliah ke kostum rumahan (baca: celana kolor dan kaos oblong), gue bergegas menuju dapur mencari sesuatu untuk perut gue yang sedaritadi minta jatah untuk diisi dengan perasaan harap-harap cemas –karna nyokap emang lagi pergi dan belum tentu nyokap udah masak. Pas gue sampe dapur, beneran!. Nyokap belum masak. ‘Aaarrggg tidaaakkkk....’ kepala mendongak ke atas, kamera zoom-out dari muka gue ke langit-langit dapur sambil muter-muter. ~Ngga gitu juga deng.



Dalam situasi seperti ini gue gak boleh panik. Gue harus tetep tenang supaya gue bisa selalu berpikir dengan akal sehat. Jangan sampe gara-gara gue kelaperan, ditambah gak ada makanan untuk dimakan, gue nekad nyemilin bale di depan rumah, terus dikasih kecap biar maknyuss. Jujur, itu sempet kebayang dipikiran gue, tapi buru-buru gue menampiknya sambil istigfar, ‘inget ji... inget. Itu makanan adek lo...’, hati gue menjerit.



Dengan insting kelaperan gue mencoba untuk mencari sesuatu untuk dimasak. Gue membuka kulkas dan didalamnya ada beberapa telur, sayur-sayuran, bakso, nugget, dan segala macam rempah-rempah. Saat laper banget kayak gini biasanya gue jadi muluk-muluk. Gue gak mau bikin makanan sederhana. Gue harus berkreasi dengan bahan yang ada. Sebenernya tinggal bikin telur dadar atau goreng nugget juga udah jadi dan siap santap. Tapi gue lagi gak kepengen makan makanan yang biasa. Setelah berpikir panjang dengan bahan-bahan yang ada, akhirnya gue memutuskan untuk bikin NASI GORENG ala Mj Fauzy, atau lebih tepatnya ‘NASI GORENG ALA KADARNYA’. Hemmm sepertinya yummy...



Oke. Pertama, gue nyiapin semua bahan-bahan yang ada, seperti yang gue sebutkan diatas –ada telur, sayuran, bakso, nugget, dan bumbu-bumbu yang bisa dipake seperti garem, lada, merica, gula. Tapi berhubung gue gak mau ribet untuk ngukur takaran bumbunya, biar lebih praktis, gue pake ROYCO rasa ayam. Jangan lupa, nasi secukupnya. Untuk kali ini gue pake nasi untuk satu porsi (sepiring nasi). By the way, cuma satu yang kurang, kecapnya gak ada. Dan tenaga gue gak tersisa lagi untuk pergi ke warung.



Gue inget, dulu jaman gue SMK, guru praktek multimedia gue, pak Nahar, pernah cerita ke gue tentang cara bikin nasi goreng kelabu. ‘Waktu itu saya dan anak saya baru pulang’, katanya ketika menceritakan pengalamannya bikin nasi goreng, ‘terus istri saya belum masak, dan kita berdua kelaperan’, lanjutnya. Gue dengan yang lain melongo sambil memperhatikan cerita pak Nahar. ‘Jadi kita langsung bikin aja nasi goreng kelabu. Kamu tau kenapa namanya nasi goreng kelabu?’ tanyanya pada kami yang lagi melongo, gue reflek menggelengkan kepala, ‘soalnya...’ lanjut pak Nahar, ‘nasi gorengnya gak pake kecap. Jadi warnanya agak abu-abu gitu deh hehehe’ jelas pak Nahar sambil tertawa. ‘hehehe...’, gue dengan yang lain reflek ikut tertawa.

Dan mungkin itu sebabnya pak Nahar ngasih nama nasi goreng itu nasi goreng kelabu, karena warna nasi gorengnya ke-abu-abuan. Tapi sampe sekarang gue bingung, apa hubungannya praktek multimedia dengan nasi goreng kelabu ya?



***



Here we go... Saatnya kita mengolah bahan-bahan tadi untuk membuat nasi goreng. Judulnya diubah sedikit karena gue bikinnya gak pake kecap, jadi judulnya adalah ‘NASI GORENG KELABU ALA KADARNYA’, jreng jreng jreeeng... Berikut adalah langkah-langkahnya...


Pertama, kita potong-potong kecil dulu bahan-bahan seperti: bawang merah, bawang putih, bakso, nugget, sayuran (kali ini gue pake sayur sawi ijo), cabe merah, dan daun bawang (kalo ada). Untuk bawang merah dan bawang putih, dirajang (cacah) hingga sedikit.

Kedua, kita nyalakan kompor, panaskan wajan, lalu tuangkan minyak goreng kira-kira 3 sendok makan. Setelah cukup panas, masukkan nugget dan bakso. Tujuannya adalah agar si nugget dan baksonya ini lebih matang dan krispi. Jangan terlalu lama, ya kira-kira kalo udah sedikit kekuningan angkat lalu tiriskan.

Ketiga, masih pada wajan yang sama, masukkan cacahan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Setelah agak kecoklatan, masukkan telur (pastikan cangkangnya jangan ikutan masuk). Tunggu hingga setengah mateng, lalu aduk-aduk hingga si telur tercerai-berai. Biar makin asik, ngaduknya sambil menggoyangkan pinggul. Kalo ada, kamu juga bisa memutar lagu dangdut kesukaan kamu.

Keempat, ini yang penting, masukkan bumbu-bumbu seperti garem, lada, merica, dan gula, secukupnya. Tapi untuk kali ini, gue menggunakan royco rasa ayam, biar praktis. Masukkan royco secukupnya. Aduk-aduk hingga rata.

Ada sedikit tips nih yang sebenernya gue dapet dari pak Nahar. Jadi kalo kita mau memasukkan bumbu-bumbu saat masak nasi goreng, lakukan ketika kita sedang mengaduk-aduk telurnya. Kenapa begitu? Pertanyaan yang bagus. Jadi dengan begitu bumbu-bumbu tadi dapat tercampur dengan rata. Kalo kita memasukkan bumbu pas udah ada nasinya, itu bakalan susah diaduk-aduknya, dan bumbu jadi gak merata deh. Gitu.

Kelima, saatnya kita masukkan nasinya. Aduk-aduk hingga merata. Sesekali cicipi nasinya, awas panas. Pastikkan bumbunya pas terasa. Kalo kurang, ya tambahin lagi sampe rasa nasi gorengnya pas mantap.

Terakhir, masukkan nugget dan bakso yang ditiriskan tadi, kemudian sayuran termasuk cabe dan daun bawangnya juga. Aduk sampe merata dan sayurannya sedikit layu. Inget, jangan ditinggal untuk update status di-sosmed, apalagi stalking akun mantan dulu, nanti gosong.


Dan...VOIYLA..., THIS IS IT... NASI GORENG KELABU ALA KADARNYA ALA OJI PASTINYA siap dihidangkan... Gampangkan? Selamat mencoba ya...



***



Dengan sepiring nasi goreng kelabu ala kadarnya, gue duduk di bale depan rumah, ditemani segelas (ekspektasi) es jeruk (realita air putih campur es batu). Nasi goreng kelabu yang disajikan dengan beberapa iris tomat menambah kenikmatan santap dikala sore. Perlahan gue memasukan nasi goreng sendok demi sendok, hingga tiba-tiba terdengar pintu pagar rumah terbuka.



Adek gue yang baru pulang mainan burung menghampiri gue. ‘Apaan tuh a?’ tanya adek gue sembari menengok piring gue. ‘Nasi goreng’, sahut gue. ‘Mau dong...’ pinta adek gue sambil mangap-mangap. ‘Ada noh didapur, diwajan, makan aja...’, gue masih asik menikmati nasi goreng kelabu ala kadarnya.



Beberapa menit kemudian, adek gue keluar sembari ngegerutu. ‘Mana a nasi gorengnya? Abis gitu...’. Gue menghentikan suapan, ‘Itu diwajan masih ada..’ jelas gue. ‘gak ada, abis semua abiss...’, adek gue makin sewok. ‘Ojan, kan masih ada itu butir-butir nasi dipinggir wajan, kamu kumpulin di piring...’ dengan nada sok cool gue kembali menyantap nasi goreng kelabu. ‘Sueeee...’, adek gue langsung melengos pergi.



Setiap gue makan nasi goreng, entah itu bikin sendiri atau beli, gue selalu mengingat-ngingat kembali kenangan yang terjadi dibalik nasi goreng. Seperti antara gue, dia, dan nasi goreng. Jadi, waktu gue sekolah dulu, ketika jaman gue pacaran, gue selalu dibawain nasi goreng sama pacar gue buat makan siang. Gue emang jarang ke kantin pas jam istirahat. Ditambah pacar gue yang selalu bawa bekel ke sekolah, dan dia selalu dateng ke kelas gue untuk makan bareng gue, makan nasi goreng.



Nasi goreng buatan Ara (sebut saja begitu), lumayan enak. Cuma satu aja yang kurang. Ara kalo bikin nasi goreng itu telurnya gak digabung bareng nasinya. Jadi digoreng terpisah. Semacam telur mata kebo. ‘Gak suka aja. Nanti nasi gorengnya bau amis’, katanya setiap kali gue menanyakan hal itu.



Pernah suatu hari, ketika gue dan Ara abis nonton film Harry Potter seri terakhir disalah satu bioskop di kota Bogor. Diluar mall hujan rintik-rintik. Kita memilih untuk langsung pulang ketika tau kalo uang di dompet gak cukup buat jajan di salah satu food court disana. ‘Maka dirumah aja’, kata Ara setelah gue dan dia ngecek sama-sama ngecek dompet. ‘Masakan mamih lebih enak!’, katanya dengan tegas, walau terdengar seperti menghibur diri.



Sampe di rumah Ara, nyokapnya gak ada. ‘Lagi arisan non’, kata bibi, asisten rumah tangga yang bekerja di rumah Ara. Gue dan Ara saling menatap kebingungan. ‘TERUS KITA MAKAN APA?’...



‘Masak yuk...’, ajakan Ara ketika kami berdua hampir putus asa kelaperan.

‘Masak apa?’, dengan agak males ngomong, karna takut tenaga gue yang tersisa abis begitu aja.

‘Nasi goreng...’



Gue dan Ara sibuk didapur menyiapkan semua hal-hal yang diperlukan untuk membuat nasi goreng. Sempet terjadi perdebatan antara gue dan Ara. Dimana gue lebih suka nasi gorengnya dicampur telur, sedangkan Ara gak mau dicampur. Pada akhirnya gue yang harus mengalah. Daripada kelaperan. Selama proses pembuatan nasi goreng, kami terlalu banyak bercanda. Sampe gak tau gimana jadinya rasa nasi goreng buatan kami ini.



Setelah hampir satu jam, sepiring nasi goreng pun jadi. Karna terlalu banyak bercanda, nasinya banyak yang terhampar kemana-mana, ekspektasi dua porsi, malah jadinya sepiring. ‘Gapapa deh, biar romantis’, celetuk Ara, ‘Sepiring nasi goreng cinta...’, pungkasnya.



Kami memakan nasi goreng dengan suka cita. Rasanya? ANCURR... Komposisi bumbu-bumbunya gak seimbang. Cenderung keasinan. Tapi peduli apa, kami laper, kami butuh makan. Suasana begitu romantis, dimana kita bisa makan sepiring berdua dengan orang yang kita sayang diiringi dengan suara merdu dentingan air hujan menerpa genting.



***



Dari pengalaman gue dan Ara tentang nasi goreng, tentang perbedaan antara gue yang lebih suka nasi goreng dicampur dengan telur sedangkan Ara tidak, tentang gimana nikmatnya makan masakan yang kurang enak. Ada banyak pelajaran yang bisa kita petik.



Dalam sebuah hubungan, gak harus melulu ‘satu suara’. Kadang perbedaan kita dengan pasangan kita itu bikin hubungan jadi makin seru. Pertengkaran kecil itu ibarat bumbu pada nasi goreng. Walaupun pada akhirnya bumbunya itu gak pas dan nasi gorengnya kurang enak, nikmatin aja. Gak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya bisa bersama orang yang kita sayang. Gak harus selalu dengan pacar, bisa juga dengan orang tua kita, kakak adik kita, dan orang-orang terdekat kita.



Dibalik perbedaan selera antara gue dan Ara tentang nasi goreng, setiap orang punya seleranya masing-masing. Gak hanya soal makan, bisa aja persoalan yang lainnya. Tempat traveling misalnya, gue suka pantai, Ara suka gunung. Tapi, kita berdua selalu bisa menghabiskan waktu berdua ketempat lain, bukan pantai, bukan gunung. Tempat yang bukan favorit kami. Gak masalah kemana, tempatnya seperti apa. Kalo bersama orang yang disayang, bagaimanapun tempatnya bukanlah jadi persoalan. Yang terpenting, kita bisa menghabiskan detik demi detik, bersama orang yang kita sayang.



***



Setelah asik bernostalgia, nasi goreng kelabu gue-pun habis. Perut kenyang, hatipun senang. By the way, gue jadi pengen punya restoran nasi goreng. Hmmm...mungkin nama restorannya, ‘Sepiring Nasi Goreng Cinta’.

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.