Skip to main content

Pengertian Software, Hardware, dan Brainware


SOFTWARE

1.1 Pengertian Software
Software (perangkat lunak) merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.

1.2 Perkembangan Software
Perkembangan software dibagi kedalam empat periode yaitu :
1.      Periode Pioner
2.      Periode Stabil
3.      Periode Mikro
4.      Periode Modern


1.2.1 Periode Pioner (1950 – 1963)
·   Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer,
·       Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung. Sebuah program untuk sebuah mesin dan digunakan untuk tujuan tertentu,
·   Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out,
·     Proses yang dilakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan.

1.2.2 Periode Stabil (1963 – 1980)
·    Pada era stabil penggunaan komputer sudah cukup meluas dan banyak digunakan di berbagai kalangan,
·         Perusahaan perangkat lunak bermunculan,
·     Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer dilakukan secara serempak (multi tasking),
·   Satu perangkat lunak dapat digunakan oleh banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time),
·    Mulai diperkenalkan sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).

1.2.3 Periode Mikro (1980 – 1990)
·  Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal, dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu,
·    Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

1.2.4 Periode Modern (1990 – ...)
·         Perangkat lunak/software terdapat pada hampir semua perangkat elektronik,
·         Semua perangkat yang memiliki software dapat saling terhubung (otomatisasi),
·     Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya,
·    Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

1.3 Jenis-jenis Software
1.3.1 Sistem Operasi seperti DOS, Mac OS, Unix, Linux, Novell OS/2, Windows adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
          Selain sistem operasi pada komputer, terdapat juga sistem operasi pada perangkat mobile/smartphone. Seperti android, IOS, Blackberry OS, Symbian, Windows Phone, dan lain sebagainya.

1.3.2 Program Utility seperti Norton Utility/Antivirus, Scandisk, PC Tools, dan lain sebagainya. Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah di hapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi namun dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.

1.3.3 Program Aplikasi seperti GL, MYOB, Payroll, dan lain sebagainya merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu. Seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan internnya.
Contoh program aplikasi :
·         Pengolah Kata
Contoh : Word Star, Chi Writer, Ms Word, dll
·         Spread Sheet
Contoh : Lotus, Excel, SPSS, dll
·         DBMS
Contoh : Dbase, Access, FoxPro, dll
·         Multimedia
Contoh : Media Player, Winamp, Pinnacle Studio, dll
·         Aplikasi Games
Contoh : Mini Games, Heavy Games, dll

1.3.4 Program Paket seperti Microsoft Office, Adobe Creative Suite (CS), Macromedia Studio, Open Office, dan lain sebagainya adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian adminstrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.

1.3.5 Bahasa Pemrograman PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dan lain sebagainya merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket, dan lain sebagainya.
Bahasa pemograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan yaitu :
·     Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
·    Middle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari. Walaupun begitu, masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah Assembler, For Tran (Formula Translator).
·     High Level Language merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB. Net dan lain-lain.


HARDWARE

2.1 Pengertian Hardware
Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang disebut dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Bagian utama pada komputer adalah CPU (Central Processing Unit), yang berfungsi sebagai otak dari komputer. Untuk dapat bekerja, CPU memerlukan alat masukan (input) untuk memasukan informasi ataupun perintah. Hasilnya akan dikeluarkan melalui alat keluaran (output). Informasi ataupun data dapat juga diambil dan disimpan dari dan ke media penyimpanan.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Input device (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage (unit penyimpanan)
5. Periferal (unit tambahan)
Komponen dasar komputer yang terdiri dari input, proccess, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse. Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section). Output device terdiri dari monitor dan printer. Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.

2.2 Input Devices (unit masukan)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse. keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
    Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
    Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868. Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.
Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY. Pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1)      QWERTY
2)      DVORAK
3)      KLOCKENBERG

      b. Mouse 
             Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless. 

    c. Touchpad 
         Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

     d. Light Pen
          Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik. 

e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. 
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer, selanjutnya disimpan dalam harddisk ataupun flashdisk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer ) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk meng-copy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekam gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

i. Mikrophone dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikrophone, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chatting. Penggunaan mikrophone ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan (touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh (touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

k. Touch screen
Touch screen mempunyai kemampuan menampilkan dan menerima informasi langsung pada layar yang sama. dengan demikian, kita dapat langsung berinteraksi dengan computer tanpa menggunakan mouse ataupun keyboard. Terkadang kita cukup menyentuhkan jari langsung pada layar atau memerlukan alat tambahan seperti light pen ataupun jarum khusus.

2.3 Process Devices (unit pemrosesan)
Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah data sehingga menghasilkan informasi.
Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic unit dan control unit.
1.      Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut dengan main memory.
2.  Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer.
3.  Control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan di dalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arithmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan.

2.4 Bagian-bagian pada CPU
Perangkat-perangkat alat proses beserta perlengkapan, yaitu sebagai berikut :
a.      Casing
Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras (hardware) di dalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.
b.      Power supply
Power supply menyediakan arus listrik untuk berbagai perangkat pada CPU. Power supply mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supply menentukan kualitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 watt yang disalurkan power supply biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak unit periferal (unit tambahan).
c.       Motherboard
Motherboard adalah papan rangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya.
d.      Processor
Processor adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer.
e.       Memory RAM
RAM adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan.
Berikut ini beberapa tipe memory berdasarkan urutan dari yang tercepat aksesnya hingga yang paling lambat.
1.      Register
2.      Cache memory
3.      Disk cache
4.      Magnetic disk
5.      Optikal disk
Selain berdasarkan kecepatan aksesnya, urutan tipe memory tersebut disusun berdasarkan harga, kapasitas, dan frekuensi pengaksesan.
1.      Tipe register harga paling mahal dan tipe optical disk harganya paling murah.
2.    Tipe register kapasitasnya paling besar dan tipe optical disk kapasitasnya paling kecil.
3.   Tipe register frekuensi pengaksesannya paling tinggi dan tipe optical disk frekuensi pengaksesannya paling rendah.
Kapasitas memory dinyatakan dalam satuan byte atau bit. 1 byte = 1 huruf, 1 Kilo Byte (KB) = 1 x 1024 byte, 1 Mega Byte = 1024 KB.
Terdapat dua jenis memory, yaitu sebagai berikut :
1.      Read Only Memory (ROM) adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang dirancang oleh pembuat komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanya dapat dibaca dan tidak dapat diubah. Kemampuan penyimpanannya tidak tergantung pada arus listrik karena ROM memiliki baterai sendiri.
2.      Random Access Memory (RAM) adalah tempat penyimpanan data atau program untuk sementara selama dibutuhkan. Data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya apabila arus listrik dimatikan.
Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
a.  FPM RAM (Fast Page Mode Random Access Memory). RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer. Dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak diproduksi lagi.
b.  EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO RAM lebih panjang daripada RAM biasa yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz.
c.   BEDO RAM (Burst EDO RAM). RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
d.  SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO RAM. Slot memory untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
e.     RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi. Pertama kali digunakan untuk komputer dengan prossesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.
f.     DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin. Bentuknya adalah RIMM.

f.       VGA Card
VGA Card adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor.
g.      I/O Card
Input / Output Card (I/O Card) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan hard disk serta floppy disk drive.
h.      Sound Card
Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara pada komputer.

2.4 Output Devices (unit keluaran)
Alat keluaran bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan sebagai penyimpanan data hasil proses.
Jenis-jenis output devices :
·         Monitor
Monitor komputer adalah alat keluaran yang dapat menampilkan gambar yang dihasilkan komputer tanpa rekaman permanen. Monitor komputer biasanya menggunakan teknologi tabung sinar katode (CTR= cathode ray tube), atau dapat juga terdiri atas panel diatas seperti TFT LCD (liquid crystal display).
·         LCD Proyektor
LCD Proyektor mempunyai kegunaan seperti monitor, hanya saja gambar yang dikeluarkan akan ditampilkan di layar atau sembarang permukaan yang datar. Alat ini sering digunakan untuk presentasi atau pertunjukan. Keberadaan LCD Proyektor ini mulai menggantikan Slide Projector ataupun OHP (Over Head Projector).
Dengan lensa yang dapat memproyeksikan gambar pada layar atau permukaan datar maka hasilnya akan dapat terlihat sangat besar sehingga kita tidak perlu menggunakan TV ataupun monitor yang besar.
·         Printer
Printer adalah alat keluaran yang menghasilkan hard copy dari dokumen yang disimpan dalam bentuk elektronik, biasanya pada media fisik seperti kertas ataupun transparansi. Secara singkat printer dapat menghasilkan teks, tulisan ataupun gambar dari komputer yang dicetak pada media seperti kertas. Biasanya printer dihubungkan langsung ke komputer dengan menggunakan kabel printer atau kabel USB yang mempunyai dokumen yang akan dicetak.
·         Speaker
Speaker komputer adalah speaker eksternal yang biasanya di lengkapi dengan jack plug stereo 1/8 inci untuk sound card komputer. Terkadang orang menghubungkan sound card dengan speaker USB.



BRAINWARE

3.1 Pengertian Brainware
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.
Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan.
Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan maupun pekerjaannya.

3.2 Konsep Tri Tunggal
Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :
  1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan
  2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya
  3. Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak dibanding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar dibidangnya
  4. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya
  5. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin/komando di suatu project tertentu. Bisa disebut juga Mandor
  6. Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya
  7. Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi
  8. Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer
  9. Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya
  10. System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun yang sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati-hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.