Skip to main content

Kisah “Memaksakan kehendak, berakhir penyesalan..”

Photo Credit by pexels.com

Happy move on!

Gue pernah beberapa kali membaca status temen-temen gue di jejaring socmed yang berbau-bau penyesalan. Entah itu karena sesuatu yang bersifat pertemanan, masalah keluarga maupun percintaan. Emang sih penyesalan itu gak ada yang dateng duluan. Pasti terlambat. Yang dapat menyadarkan gue tentang rasa sesal yang akan terjadi kelak adalah pola fikir gue yang berorientasi kepada apa yang terjadi kedepannya. Harus dipertimbangkan secara mendalam dan mendetail supaya resiko terjadinya penyesalan yang disebabkan mendapat kegagalan atau musibah bisa dihindari.


Tiba-tiba gue punya inspirasi yang sedikit menyadarkan gue tentang selalu waspada karena penyesalan selalu terlambat. Hal yang akan gue lakukan atau keputusan yang gue ambil nanti tidak menjadi boomerang buat gue nanti. Dan yang ada cuma sesal didada. Gue tuangkan sebuah inspirasi ini melalui cerita singkat yang mungkin sudah ada juga cerita atau kisah yang serupa dengan yang gue ceritakan sekarang. Seperti judul diatas yaitu “Penyesalan selalu datang terlambat” yang digambarkan oleh dua orang pasangan kekasih yang tidak gue kasih nama. Karena ini hanya cerita fiksi belaka.

Ya! Pasti pahamlah lika-liku perjalanan dalam menjalankan sebuah hubungan pacaran. Apalagi dalam masa-masanya remaja dimana masa ini bisa  disebut masanya haus akan rasa cinta. Terdapat dua orang pasangan kekasih yang jelas antara cowok dan cewek pastinya. Mereka sudah menjalankan hubungan selama tiga tahun. Selama itu pula lika-liku jalan kehidupan bersama kekasih mereka alami. Sang cewek bertipikal manja, agak kekanak-kanakkan walaupun umurnya sudah menginjak 18 tahun jalan, dia cenderung egois dan gampang ‘ngambek’ pada cowoknya. Berbeda dengan sang cowok, dia baik, penyabar, bersikap dewasa padahal umurnya belum genap 18 tahun, dan dia penyayang kepada ceweknya.

Pada suatu hal disuatu tempat, mereka sedang jalan-jalan disebuah mall besar disebuah kota. Sambil bergandengan mesra mereka berjalan-jalan sambil melihat-lihat benda yang dijajakan disetiap stand dan toko mall tersebut. Dan perjalanan mereka terhenti pada sebuah toko cenderamata. Mereka masuk dan melihat-lihat benda yang ada di toko itu. Lalu perhatian sang cewek terhenti pada sebuah cincin berlian yang cantik nan mewah. Tentu dia tertarik dan hendak minta dibelikan oleh sang cowok. Namun melihat penampilan cincin yang begitu mewahnya dengan berlian yang seperti berlian swarowsky itu pasti sebanding dengan harganya yang mahal. Sang cowok agak khawatir tidak dapat memenuhi keinginan kekasihnya. Berhubung dia tidak memiliki uang sebanyak itu dan sontak mengurungkan niatnya untuk menyenangkan pacarnya. Mendengar hal itu sang cewek pastinya kecewa, dan ngambek kepada pacarnya. Melihat pacarnya yang berubah sikapnya sejak tidak jadi dibelikan cincin itu sang cowok merasa tidak enak hati dan berjanji akan membelikannya lusa.
Keesokan harinya mereka kembali berkomunikasi seperti biasa. Sang cewek yang sebelumnya ngambek karena tidak jadi dibelikan cincin itu kembali tersenyum karena akan dibelikan cincin itu besok. Tak henti-hentinya sang cewek mengingatkan agar cowoknya itu tidak lupa dengan janjinya. Ya tentu saja dia tak lupa. Bagaimana bisa dia melupakan janjinya kepada pacar kesayangannya meski janjinya itu tidak mungkin dia wujudkan. Berbagai cara dia mencoba mencari uang untuk membeli cincin itu. Tapi tetap saja tidak akan bisa mengingat harganya yang mahal.

Dimalam hari sebelum tidurpun sang cewek dengan girangnya mengingatkan sang cowok agar tidak lupa membeli cincin itu untuknya. Hal itu membuat sang cowok tak bisa tidur dan memikirkan dengan cara apa dia membelikan cincin keinginan pacar kesayangannya itu. Hingga besokpun tiba sang cewek yang sedang menunggu di rumah dan menanti cowoknya datang membawakan cincin keinginannya itu dengan gembiran. Namun tak lama ada seseorang mengetuk pintu rumahnya. Dengan senang sang cewek membukakan pintu dan berharap pacarnya yang datang. Ternyata benar pacarnya yang datang. Sang cewek sangat girang tapi tidak lama. Karena melihat keadaan sang cowok yang pucat, pucat sekali. Belum sempat sang cewek menanyakan apa yang telah terjadi pada pacarnya itu, sang cowok langsung mendekap tubuhnya dengan erat dan terdengar suara lirih dan sedih dari mulut sang cowok. Tubuhnya yang dingin itu mendekap tubuh sang cewek dengan penuh kasih sayang. Dan beberapa penggal kata terucap darinya dan dibisikannya pada sang cewek. “Maaf ya, aku belum bisa memberikan yang terbaik untuk kamu. Aku sayang kamu..” kata-kata terdengar sendu ditelinga sang cewek karena keadaan sang cowok yang pucat dan sedikit lemas. Entah apa yang terjadi  pada cowoknya itu. Namun tiba-tiba tubuh sang cowok itu lenyap seketika dan membuat sang cewek kaget. Seketika sang cewek terbangun dari tidurnya. Dan semua itu hanya mimpi. Sang cewek sedikit lega tapi dia malah kefikiran dengan keadaan cowoknya. Sambil melamun dia memikirkan dan masih menanti kapan cowoknya itu datang dan membawakan cincin keinginannya.
Suara ketukan pintu membuyarkan lamunannya seketika. Ternyata ada seseorang yang datang dan mengetuk pintunya. Sang cewek itu senang dan buru-buru dia membukakan pintu dan berharap cowoknya yang datang. Setelah membukakan pintu, senyum sang cewekpun lenyap. Hilang seketika. Ternyata seseorang yang telah mengetuk pintu itu bukan cowoknya. Tapi seorang pengirim paket dan orang itu memberikan sebuah bingkisan. Sang cewek sempat kecewa. Namun kekecawaannya kembali hilang dengan mendengar sang pengirim paket bahwa bingkisan itu berasal dari cowoknya. Dengan buru-buru dia membuka bingkisan itu dan didapatnya sebuah cincin keinginannya. Tentu dia sangat bahagia karena janji cowoknya ditepati. Lalu dia mencari handphone-nya dan berniat untuk menelepon cowoknya untuk mengucapkan terimakasih dan menanyakan mengapa tidak mengantarkannya sendiri. Namun berkali-kali dia telepon sang cowok dan berkali-kali juga teleponnya tidak ada yang mengangkat. Sempat kesal karena tidak diangkat oleh cowoknya namun tak lama handphone-nya berbunyi. Tapi bukan cowoknya yang menelepon balik, melainkan ibunda sang cowok. Dengan sopannya dia mengangkat telepon itu dan seketika dia tersentak kaget. Bahkan sedikit shock. Dia tak percaya dengan berita yang disampaikan oleh ibunda sang cowok bahwa sang cowok meninggal dunia akibat menjual jantungnya kepada seorang pasien rumah sakit yang sedang membutuhkan jantung untuk dibelinya, demi mendapatkan uang. Mungkin sang cowok tidak bercerita kepada keluarganya atas apa yang telah dilakukannya. Tentu saja sang cowok tidak ingin melihat pacarnya disalah-salahkan oleh keluarganya tentang kematiannya.

Bak tersambar petir dia mendengarnya dan tak lama dia menangis, shock, dan menyesali sikapnya tempo hari kepada cowoknya. Dia telah melakukan kesalahan yang besar karena memaksakan keinginannya kepada sang cowok yang belum mampu memenuhinya pada saat itu. Dan kini dia hanya bisa melihat cowoknya terbujur kaku dipeti mayat. Dan tak henti-hentinya dia meminta maaf kepada jasad cowoknya dan sangat menyesali perbuatannya. #pfffft....Tamat.

Dari sini ada sebuah makna mendalam tentang arti penyesalan dan arti memaksakan kehendak sendiri. Bahwa sebelum terjadinya penyesalan sebaiknya difikirkan terlebih dahulu apa dampak yang terjadi kelak. Dan tidak baiknya memaksakan kehendak kepada seseorang sekalipun dia mampu. Karena yang akan timbul adalah sikap keegoisan yang tertanam dihati.

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.