Skip to main content

My Favorite 'Old Book'

Image by Pixabay.com


Hello Netters…!!!

Gila! Gokil abis!

Udah lama banget gue gak nulis-nulis blog lagi. Kalo gue inget-inget, terakhir gue nulis itu bulan Februari. Itu artinya udah hampir 5 bulan gue gak nulis blog.


Well… Pertama-tama setelah menghidupkan kembali blog yang sempet mati suri 5 bulan, gue mau nanya kabar para pembaca setia blog gue? Semoga kalian sehat selalu dan tetap setia baca blog yang gak berguna ini ya.

Kenapa gue sok banyak pembacanya gitu?

Ya gue gak tau kenapa, terakhir gue liat dasbor blog gue, semua posting yang udah gue publish pasti naik terus viewers-nya. Dari situ gue curiga kalo di dunia ini makin banyak orang nyasar di blog gue. Ngebaca cerita gak jelas yang ada di blog gue dan setelah selesai, mereka beranak dan anaknya baca cerita di blog gue juga, dan gitu seterusnya.

Oke gue cuma becanda..

Memutuskan untuk nulis lagi ditengah-tengah banyaknya deadline tugas kuliah adalah hal yang berat buat gue. Disatu sisi gue mau ngelanjut tugas gue supaya cepet kelar. Disisi lainnya gue jenuh dengan semua tugas itu.

Bayangin aja, dari awal semester 6 hawa-hawa kuliah mulai gak enak. Tugas mulai menggerogoti gue diawal-awal perkuliahan. Ya walaupun minggu pertama masuk banyak juga dosen yang gak hadir. Tapi dari situ kecurigaan gue muncul.

Karena biasanya, dosen yang gak masuk di hari pertama kuliah di awal semester itu bakal ‘angot-angotan’. Doi bakal jarang ngasih materi dan cenderung sering ngasih tugas.

Dan tebak apa yang terjadi? Hmm…Sudah ku duga.

Gara-gara itu blog gue jadi mati suri selama 5 bulan.

~

By the way, jujur aja ini cuma pelarian gue semata. “Jadi jangan sayang-sayang amat ya blog. Takutnya gue ngilang disaat lo lagi sayang-sayangnya huhu”.

Karena gue nulis blog ini dibawah bayang-bayang tugas KP yang minta diselesaikan. Mau dikerjain tapi gue enek juga ngerjainnya.

Gue udah garap tugas KP dari bulan lalu, dan baru bimbingan 2 kali. 1 kali revisi, dan langsung ACC. Gokil kan?

Dibanding dengan temen gue yang lain, mereka bisa 2-3 kali revisi bab yang sama, dan gue hanya sekali dan langsung ACC.

Problemnya adalah, gue baru 2 kali bimbingan. Sedangkan minimal bimbingan tugas KP adalah 6 kali. Itu artinya gue kurang 4 kali bimbingan lagi sebelum sidang. Padahal, dosen pembimbing udah gembor-gembor kita untuk ngegarap tugas itu dari awal semester.

Problemnya lagi adalah, waktunya udah mepet. Fiuuhh…

Well… Bukan oji namanya kalo gak nyelesain tugas di menit-menit akhir deadline.

Sejauh ini tugas KP gue sih tinggal implementasinya aja. Dengan kata lain gue lagi garap sistem aplikasinya. Udah dua minggu gue ngerjain landasan teori, seminggu lewat 2 hari gue ngerjain perancangan sistem, dan baru dapet 2 hari gue garap sistem aplikasinya, otak gue langsung drop parah.

Hari ini terhitung gue malah kebanyakan maraton nonton yutub bang radith sama tidur-tiduran aja. Sedikit gue ngerapihin user interface sistem aplikasi gue. Belom masuk ke kodingan. Dan gue mumet banget.

Gue mau ketemu pacar juga susah banget karna doi sibuk.

Oke cara terakhir sebagai pelarian gue, ya nulis blog.

Gue inget kata-kata motivasi dari bang radith tentang menulis yaitu, ”Hal pertama yang harus lo lakukan ketika ingin menjadi penulis adalah, carilah kegelisahan lo. Dari kegelisahan lo itu bakal muncul ide-ide menarik yang bisa dikembangkan jadi cerita yang bagus dan seru untuk dibaca”. Kurang lebih begitu.

Dan faktanya, kegelisahan gue buanyaak cuy…

~

Sebenernya gue mau nerusin serial coffee story. Berhubung gue nulis ini gak sambil ngopay, whichis gue gak nulis tentang coffee story dulu untuk hari ini.

Gue mau cerita tentang ‘Buku lama’ favorit gue.

Jadi, ceritanya gue punya ‘Buku lama’, dan baru gue baca-baca lagi 3 hari terakhir ini. Gue jatuh cinta banget sama ‘buku lama’ ini.

‘Buku lama’ ini mengajarkan gue tentang sebuah kesetiaan dan nyatanya sebuah kesempatan kedua. Dari ‘Buku lama’, gue belajar tentang sebuah pengorbanan yang sangat besar dari sebuah perasaan. Gue belajar bagaimana menjadi seorang yang ikhlas memberikan sebuah kesempatan kedua kepada orang yang dia sayangi.

Dan gue percaya, selalu ada kesempatan kedua.

Dari pengorbanan, kesetiaan, dan keikhlasannya, gue belajar tentang menghargai semua itu. Seseorang yang udah melakukan itu semua buat gue, gue harus pertahanin.

Jarang banget sebenernya ada orang yang rela masih nyimpen perasaannya buat orang yang udah ninggalin dia gitu aja tanpa alasan, dan memberikan kesempatan kedua kepada orang itu untuk masuk lagi ke dalam kehidupannya.

Mungkin gue pribadi lebih ke “Yaudah mending lo kelaut aja… Gila lo dari kemaren kemana aja?!”, dengan nada tinggi dan penuh emosional ke orang yang udah ngilang terus kembali lagi gitu aja.

Banyak yang bilang, balikan sama mantan lagi itu ibarat “Lo makan permen karet, udah gak manis trus lo buang, tapi karna lo masih sayang jadi lo makan lagi, dan hambar rasanya”.

Banyak yang bilang juga balikan sama mantan lagi itu ibarat “Lo baca buku lama, yang lo udah tau jalan ceritanya, lo tau endingnya, tapi masih tetep lo baca juga. Basi cuy”.

Dan masih banyak lagi anggapan-anggapan sinis tentang balikan lagi sama mantan.

Tapi menurut gue, balikan sama mantan itu adalah sebuah kesempatan kedua. Kalopun ibarat makan permen karet yang udah hambar,  siapa peduli? Toh yang makan permen karet itu gue, dan orang yang bilang itu gak akan pernah ngerasain betapa nikmatnya makan permen karet yang udah gak mengandung glukosa, dan gue aman dari penyakit diabetes.

Kalopun ibarat baca buku lama yang cerita dan endingnya udah ketauan, siapa peduli? Toh itu adalah buku lama favorit gue. Lo kalo udah suka dan jatuh cinta sama sebuah buku, berapapun lamanya. Lo bakal tetap tertarik untuk ngebacanya berulang-ulang. Malah lo bisa mengembangkan sebuah bayangan dari buku lama dengan imajinasi yang lebih baik dari sebelumnya.

Intinya selalu ada hal yang baik dari memakan permen karet hambar, maupun ngebaca buku lama. Ini masalah perspektif aja. Gak selamanya apa yang orang lain nilai buruk, buruk juga untuk dijalanin. Kaya tweet gue tadi pagi

“Hidup adalah… kita yang ngejalanin, orang laen yang ngomentarin”. Selalu begitu dan akan terus begitu.

~

Pesan moral dari ‘Buku lama’ favorit gue adalah, kalo kita udah suka dan jatuh cinta sama sebuah buku, mau dibaca berulang-ulang kali cerita itu bakalan tetep seru dan asik. Walaupun kita udah tau ending-nya, tapi seengganya kita gak pernah bosen ngebacanya.


Malah menurut gue, dari sebuah ‘buku lama’ kita bisa merevisi cerita yang ada. Membuat sebuah alur baru dalam cerita yang pernah menjadi kenangan, hingga pada akhirnya akan menghasil sebuah ending yang baru dan berbeda dari cerita sebelumnya. Seru kan?

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.