Skip to main content

Program Rumus Materi Fisika Menggunakan Bahasa Pemrograman Java


Happy coding Netters!!

Kali ini gue mau sharing coding satu program 'sederhana' menggunakan Java. Program ini juga merupakan tugas kelompok kuliah Pemrograman 1 tentang Java. Berikut sintak kodenya.

 Source code ada di Link ini.
 
Program ini akan menampilkan menu yang di dalamnya terdapat beberapa rumus materi Fisika, seperti tentang gerak (gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, gerak vertikal ke atas, gerak jatuh bebas, gerak melingkar, dan percepatan sentripetal), tentang massa jenis, tentang pemuaian (muai panjang, muai volume dan muai luas), tentang energi (energi potensial, energi kinetik dan energi mekanik), dan tentang gaya dan tekanan.

Seperti yang tertera di judul bahwa program ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Sintaks yang digunakan pun sederhana, diantaranya penggunaan sintaks untuk input Scanner, perulangan for, dan pengkondisian if-else if-else. Rumus yang digunakan untuk melakukan operasi perhitungan rumus fisika diperoleh dari wikibooks.

Dalam blok kode program ini terdapat sintaks untuk menampilkan teks di windows cmd dengan menggunakan System.out.println atau System.out.print. Maka setiap baris kode yang terdapat sintaks tersebut akan tampil pada layar. Sedangkan rumus operasinya tidak akan ditampilkan.
Sebagai input data dapat menggunakan sintaks Scanner, dimana untuk menggunakannya harus mengeluarkan class Scanner dengan meng-import­ package util, dengan mengetikan sintaks import java.util.Scanner; diawal program. Untuk menyimpan masukkan dari pengguna, dapat dibuat sebuah variabel untuk Scanner. Variabel yang dibuat adalah input, kemudian buat tipe data dari variabelnya adalah Scanner, dengan mengetikan Scanner input = new Scanner(System.in); .

Selanjutnya buat tampilan di cmd berupa judul program, dan menu-menu yang akan menuntun pengguna masuk ke submenu di dalamnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa untuk menampilkan teks dapat menggunakan System.out.println atau System.out.print. Kemudian pengguna akan memasukkan angka pilihan menu sesuai dengan yang diinginkan pengguna. Seperti jika pengguna memasukkan pilihan angka satu, maka pengguna akan masuk ke submenu kumpulan rumus gerak. Untuk menyimpan masukkan tersebut digunakan variabel input yang telah dibuat sebelumnya dengan tipe data Scanner, dan buat lagi variabel baru dengan nama pilihmenu dengan mengetikan sintaks Integer pilihmenu = input.nextInt(); dibawah sintaks System.out.print(“  Pilihan(1/2/3/4/5/6): ”);.

Masukkan dari pengguna akan disimpan dalam variabel pilihmenu, kemudian untuk masuk ke submenu harus dibandingkan dengan percabangan if-else if-else. Dimana jika pilihan pengguna adalah 1, maka variabel pilihmenu akan dibandingkan nilainya dengan pada kondisi if (pilihmenu == 1). Jika kondisi bernilai true, maka blok kode didalam if akan dieksekusi. Jika bernilai false, maka nilai pilihmenu akan dibandingkan pada kondisi else if, dan begitu seterusnya.

Didalam blok kode if, atau else if, terdapat tampilan berupa submenu yang berisi informasi rumus, keterangan rumus, nilai yang ingin dimasukkan, dan operasi perhitungan. Misalnya didalam menu Gerak terdapat submenu Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan, Gerak Vertikal ke Atas, Gerak Jatuh Bebas, Gerak Melingkar, dan Percepatan Sentripetal. Kemudian pengguna akan memasukkan pilihan submenu yang akan menampilkan rumus, serta melakukan perhitungan terhadap rumus. Untuk menyimpan masukkan pengguna tersebut maka dibuat kembali variabel masukkan dengan nama pilihsubmenu, yaitu dengan mengetikan Integer pilihsubmenu = input.nextInt();.

Selanjutnya nilai variabel pilihsubmenu akan dibandingkan kembali pada kondisi if, jika nilainya true, maka blok kode didalam if akan dieksekusi. Namun jika false, maka nilai variabel pilihsubmenu akan dibandingkan pada kondisi else if. Jika nilainya true, maka blok kode didalam else if akan dieksekusi. Jika false maka nilai pada variable pilihsubmenu akan dibandingkan dengan else if selanjutnya. Jika tidak ada kondisi yang benar dalam else if, maka kondisi else akan dieksekusi.

Didalam submenu terdapat pilihan sub lagi, dimana terdapat pilihan rumus-rumus fisika. Misal sebelumnya memilih submenu Gerak Lurus Beraturan, maka terdapat sub yang berisi rumus seperti mencari kecepatan (v), jarak (s), dan waktu (t). Kemudian pengguna akan memasukan input pilihan yang akan disimpan pada variabel pilihan. Yang sebelumnya telah dibuat variabel tersebut untuk menampung nilainya dengan mengetikan Integer pilihan = input.nextInt();.

Setelah memilih sub yang berisi rumus tertentu, kemudian akan ditampilkan informasi rumus beserta keterangannya. Selanjutnya pengguna diminta untuk memasukkan nilai tertentu untuk melakukan operasi perhitungan. Misalkan pengguna memilih sub mencari kecepatan (v), kemudian akan ditampilkan rumus V = s/t berupa keterangan dari masing-masing notasi. Lalu pengguna diminta untuk memasukkan nilai s, dan nilai t. Setelah ditekan enter, program akan melakukan operasi perhitungan berdasarkan rumus, dan menampilkan hasilnya.

Setiap menu utama memiliki sub menu masing-masing, dan setiap sub menu terdapat sub lagi yang berisi rumus-rumus materi fisika. Operasi pemilihan menu, submenu, dan sub rumus semuanya sama saja, menggunakan percabangan if-else if-else. Jika masukkan yang dilakukan pengguna tidak sama dengan kondisi yang terdapat pada if maupun else if, maka kondisi else akan dieksekusi. Selanjutnya setiap sub rumus merupakan kumpulan rumus materi fisika.

Diakhir program terdapat pilihan lagi dimana pengguna ditanyai oleh program untuk kembali lagi ke menu utama atau tidak. Masukkan yang diharapkan dari pengguna adalah ‘Y’ untuk yes/ya, dan ‘N’ untuk no/tidak. Agar kondisi itu berfungsi, harus ada sintaks perulangan berupa for. Lalu dibuatkan sebuah variabel baru yang akan menyimpan nilai tersebut. Variabel itu sudah dideklarasikan diawal perulangan for dengan nama loop dan tipe data String. Pada perulangan ketikan for (loop = “Y”; loop.equals (“Y”) || loop.equals (“y”);). Artinya jika pengguna memasukkan Y atau y, maka perulangan for akan dieksekusi kembali dan menampilkan menu utama. Jika N atau n, maka program akan berhenti.

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.