Skip to main content

Tips dan Tricks Menjalani Puasa Seru dan Asyik #alaGUE

Happy move on Netter!!

Masih suasana Ramadhan nih. Pastinya selalu semangat khan menjalaninya? Dan pastinya tau juga dong betapa banyaknya hikmah di  bulan Ramadhan. Berkah bagi kita yang menjalankannya niscaya selalu Allah berikan pada hambanya yang taat akan perintahnya. Secara apapun kegiatan yang kita lakukan selagi bermanfaat dan bernilai positif akan dianggap sebagai ibadah, dan pasti ada pahalanya. Makanya di bulan Ramadhan ini jangan males-malesan. Sayangkan kalo berkah yang harusnya kita dapet hilang begitu aja. Mungkin tidur orang yang berpuasa adalah ibadah juga. Tapi kalo kebanyakan tidur juga ga baik juga sobat Netter. Banyak hal yang lebih bermanfaat yang bisa dilakukan selain tidur aja. Bagi yang sedang libur panjang atau punya waktu lebih di rumah, berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan dikala puasa. Cekidot!!~

****


1. Beres-beres rumah

Selain meringankan beban Ibu di rumah, beres-beres rumah juga bisa bikin kita bugar lhoo. Yaa itung-itung sih olahraga santai. Inget kata-kata "Kebersihan adalah sebagian dari iman" khan? Kalo rumah udah bersih kan nyaman, aman dari segala penyakit, dan bikin tubuh kita sehat karna tubuh kita bergerak aktif. Tapi jangan terlalu cepet dan terburu-buru. Santai aja dan nikmati setiap langkah demi langkah dalam menyapu lantai, usapan dalam mencuci piring, dan kucekan di setiap baju. Jangan menganggap pekerjaan yang kita lakukan adalah sebuah beban. Tapi jadikan pekerjaan tersebut sebagai permainan. Yang namanya mainkan pasti seru dan asyik. Waktu ga kerasa deh dilalui dengan hal bermanfaat. Bukan hanya bagi kita, tapi juga bagi keluarga tercinta.

2. Ibadah wajib dan sunnah

Kita tau bahwa setiap ibadah yang kita lakukan akan diganjar berkali-kali lipat di bulan Ramadhan ini. Untuk itu kita harus semangat meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi kekosongan waktu saat puasa. Misalnya perbanyak solat sunnah, perbanyak zikir, maupun membaca Al-Qur'an. Selain itu kita bisa memperbanyak wawasan kita tentang agama dengan mencari informasi di Internet (dengan situs terpercaya), atau buku. Kalo ada majelis talim atau pengajian itu lebih bagus lagi. Kita akan tau banyak tentang wawasan dalam agama islam.

3. Baca buku, artikel dan informasi dunia maya

Selain meningkatkan wawasan kita tentang agama. Kita juga bisa meningkatkan wawasan tentang dunia dengan membaca buku. Banyak buku-buku keren dan bagus yang bisa membuka wawasan kita tentang dunia. Selain di buku, kita juga dapat membaca banyak artikel di surat kabar terupdate tentang berbagai peristiwa yang terjadi hari ini pada dunia. Tapi ada yang lebih mudah, yaitu mencari berita di Internet. Bukan hal rahasia lagi kalo internet merupakan sumber informasi termurah, teruptodate dan tercepat yang bisa kita dapatkan. Dengan membaca berita dari berbagai situs terpercaya, kita akan banyak tau tentang berbagai macam peristiwa yang terjadi di dunia.

4. Menulis artikel, cerita dan informasi di blog pribadi

Seperti yang saya lakukan saat ini, menulis adalah hal yang menarik untuk dilakukan untuk mengisi kekosongan waktu saat puasa. Berbagai informasi dan cerita kepada orang lain yang mungkin dapat membawa manfaat, akan menjadi nilai lebih bagi kita. Apalagi saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan sebagai writter di berbagai perusahaan. Pekerjaan sebagai writter bisa dilakukan part-time atau freelence. Jadi disela kesibukan kita sehari-hari atau di jam kosong, kita bisa sambil bekerja. Untuk itu dalam menulis artikel, cerita atau informasi di blog pribadi akan melatih skill kita dalam menulis dan mengembangkan ide dalam sebuah cerita. Sekali lagi ini menjadi nilai plus bagi kita untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Selain dapat memotivasi orang lain, kita juga termotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi, dan belajar agar bisa menjadi penulis yang memiliki nilai jual yang tinggi akan ide-ide kita.

5. Bikin menu takjil

Mungkin kegiatan ini lebih banyak dilakukan oleh cewek. Tapi para cowok juga bisa kok melakukannya. Walaupun cuma bantu-bantu Nyokap di dapur, lama-lama juga akan terbiasa membuat makan untuk berbuka nanti. Apalagi akhir-akhir ini banyak chef pria yang digandrungi banyak wanita. Kurang keren apa coba? Udah ganteng, pinter masak. Yaa itung-itung kita belajar untuk sampai kesana, meskipun lama tercapainya hehe. Seengganya nanti ketika kita(para cowok) mulai punya kehidupan sendiri(belum menikah), kita bisa bikin makanan sendiri. Dan gimana reaksi istri kalo udah nikah nanti melihat kita(para cowok) bikinin masakan buat doi, dijamin istri kita(masing-masing) bakal klepek-klepek hehe.
Selain itu, orang yang menyiapkan makan untuk orang lain berbuka puasa, maka akan diberi pahala sebesar pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya orang yang berpuasa. Nah kurang asik apa tuh. Udah nambah skill dalam memasak, dapet pahala juga. Saiiikkk!

****

Nah itulah beberapa informasi tentang menghabiskan waktu saat puasa ketika memiliki banyak waktu kosong. Semoga bisa menginspirasi bagi kita semua, dan dapat menjalani puasa dengan kegiatan yang lebih bermanfaat bagi sobat Netter ketimbang tidur.

Oke terima kasih dan salam zupeer dari saya~

Comments

Popular posts from this blog

Last Dance - One Ok Rock [35XXXV]

  Photo Credit by www.akibanation.com | Edited by Author Hello Netters... Yosh... Selagi cerpen-cerpen gue belum beres (berhubung lagi males-malesnya), gue mau sedikit share tentang sebuah lagu yang lagi gue suka nih, gaess. Check this out...

Lirik Dreaming Alone - Against The Current (ft. Taka "One Ok Rock")

Setelah menjalani lika liku kehidupan, mengurusi hidup, gebetan, tugas, dan blog baru , akhirnya mampir lagi di blog yang penuh kenangan ini. Oke fix, mungkin ini blog bagusnya buat share lirik-lirik lagu yang lagi gue suka aja kali ya. Untuk lainnya belum terfikirkan apa lagi yang harus gue tulis disini. Yang penting blog ini tetep aktif biar ga di banned Gugel wkwk.